Skip to main content

follow us



Assalamualaikum bunda,,adakah bunda disini yang anaknya tidak mau sufor sama sekali, sama seperti anak saya?? sebelum nya anak saya full asi 2 tahun 1 bulan, tidak mau susu formula tiap dikasih selalu nolak. Sudah seminggu ini anak saya, saya sapih, kasihan bun, anak nya kelihatan lemes, seperti masih lapar gitu. gimana ya Bun caranya biar anaknya mau minum sufor??

Komentar:

Nurmala Vierrania
Pinter lah.. Kalo sudah 2 tahun 1 bulan ga usah di kasih sufor.. Banyakin makan aja

Anidia Nur
Banyakin makan aja , kalau sufor bs jd susu sampingan aja . coba susu uht mungkin mau

Haryati
tidak perlu sufor.maksimalkan saja makannya,kalau masih lapar ya dikasih makan lagi. coba kasih jus buah.sufor diberikan kalau ada indikasi medis atas resep dokter
Kalau masih tetap mau kasih susu bisa coba uht,pilih yang plain, komposisinya susu segar

Ika Puspitasari
Siapin makanan ja biar anaknya mau ngemil apalgi malam2..

Rena Ajj
Anak ku Bun,,dari lahir memang sudah sufor,v sudah 2 mggu ini sudah g mau sama sekali,,sempet takut, takut kurus, takut kurang gizi, takut lah,, tapi setelah aku tanya sama bidan kata"a gpp yang penting mau makan. memang bener Bun, setelah tidak sufor dd makan"a banyak, ngemil juga mau,, Alhamdulillah.. semoga ga kenapa kenapa. aamiin

Fitroy Agustina
Rena Ajj oh gitu ya bund,,, soalnya saudaraku pada bilang kasihan anaknya gak di kasih susu sie,,, mereka nyuruhnya minum pakai dot, soalnya kalau pakai gelas minum susunya dikit, sempet galau juga, masak anakku tidak minum susu sir

Maryani Kharisama
Umur segitu gag ush d kasih sufor bun banyakin makan sj sm cemilan ..atau cobain susu UHT karena lebih enak rasanya buat anak2.

Erponk
Anak ku bgt ini bun, masih asi mau di sapih, aku selingin sufor g mau susu uht juga g mau, doyan nya susu milo yang kotak itu, itu pun paling 2-3 nyedot udah... Makan juga rada susah bgg, 21 bulan bb nya cuma 9,5 πŸ˜”

Watashi Wa Nuriana II
Kasusnya sama kayak saya bund 😒😒😒 sufor ga mau, makan susah, minum ASI terus maunya...

Erponk
Iyah bun samaa 😒😒😒, tyap liat saya dusuk kalo g tiduran pasti langsung mnta nenen, sejam lebih mah betah bgt dia, tapi kalau di ajak maen keluar dia jrang mnta nenen, karena asyik maen, kdang aku tawarin juga g mau

Sinta Rachmawati
Aku dulu full asi bun sekarang pakai sufor vidoran... Alhamdulillah mau meski dikit"...kek. gelas yang ada pegangan e aja Bun anakku gak bisa dot. kalau dot gak mau minum...

Siti Zulaicha
Sama bun.. 2tahuntak sapih smpe sekarang 3 tahun 4 bulan ga sufor yang penting makan nya ma nyemil buah

Memey Koo
Dipakaian sendok bun.. Disendokin dikit2 bunda suapin.. karena anak asi biasanya nolak pakai dot.
Anak saya waktu awal sufor juga pakai sendok.. Dan pakai gelas yang ada sedotanx.. Alhamdlulilah mau dan dia sudah terbiasa seperti itu cara minumx... Dicoba bun siapa tau berhasil seperti syπŸ˜‰

Ayu Widya
Memey Koo iya Bun,Trmkasih banyak saran nya, pake cara ini anak saya mau minum tadi nya cuma dikit" sambil mainan gtu,tau" dah abz stgh gelas.

Mmh Habibie
Sama bun anak ku ug waktu bulan nov aku sapih n alhamdulillah maem ny jd doyan ngemil ny ug,tapi aku ttapi sedia sufor skli2 ska d kasih kalau dy yang mnta,tapi gk trlalu bnyk ci,kalau sudah knyang mh anak ku gk mnta sufor...

Besse Nilakandi
Iya sih ga usah sufor tapi kalau mesti mau banged diksi sufor..pilih sj yang ga terlalu manis..jangan yang rasa vanila coba yang madu sj

Nyonyae Mas Ryan
Anak ku juga mulai full asi sampek udah sapih sampk dkarenag umur hmpir 3 taun g mau sama sekali sama yang namanya sufor emang awal sapih anak kliyatan lemes tapi kalau sudah terbiyasa tidak bkln lemes lg

Ambar
coba sufornya di ganti rasa coklat anakku dlu juga gitu,sampek sekarang 23 bulan ga mau susu putih, kalo di buatkan putih ga di minum sama sekali

Yuania Setiaarsa
Anakq juga bun baru disapih tapi susah minum sufor

Ning Iscnxin
kalau awal2 disapih emang lemes n ga suka makan bun, dikasih makanan n cemilan yang bergizi z bun, nanti kalau sudah terbiasa dengan keadaan disapih malah akan seneng makan n ngemil. kalau anakku sengaja ga aku kasih sufor biar makanya lahap n pencernaanya ga terganggu. cuma sesekali dy minum susu UHT z.

Dwi Fatma
memang sufor itu bisa buat anak terganggu pencernaannya Bun?

Ning Iscnxin
Bukan sufornya yang ganggu pencernaan. kalau sudah kekenyangan sufor tu jd ga lahap makannya, ga seimbang makanannya, jd bab nya bermasalah. Maaf ya bahasa sy belepotan bun

Rizki Nur Fitri
Ngapain kasih sufor, anak yang udah disapih tidak wajib kasih sufor. Sufor itu atas indikasi medis, diluar negeri aja pada banyak yang tarik produk sufornya gara2 terindikasi salmonella. Lah orang kita bermudah2 beli sufor tanpa medis

Winda Anggasari
Anak sy umur 19bulan full asi, tapi sudah dr 1 bulan yang lalu sy latih sufor, d semdokin smbil d gendong biar dikit2 masuk,ya ssh bgt, tapi intinya sabar, mau g mau hrs d latih sufor ato uht, karena mkin bsar kkin banyak kbtuhan nutrisinya buat energi, kasian kl cuma mnum air putih

Arista Nur Sasongko
Gk usah sufor2an.. cukup makam gii seimbang.. jangan nyesel kalo anak mau sufor tapi gk mau makan

Ikaa Puspita Sarii
Arista Nur Sasongko trus kalo misalkan malam ngrengek haus dikasih apa ya bun

Bunda Rohma
Ikaa Puspita Sarii bisa dibiasakan tawarin air putih bun. Anakku umur 2tahun2bulan juga baru sebulan sapih. Awalnya rewel biasa tidak lama cuma seminggu sekarang terbiasa air putih, sesekali minta susu q kasih ultra mimi plain. Semangat bun..

Ikaa Puspita Sarii
Bunda Rohma ok bun.. Sekarang sih udah ga asi cuman mlm nya kadang bingung

Dhije Shelly
Ikaa Puspita Sarii ksi uht bun anak aku bgtu bangun mlm ksi uht langsung pules lg yang coklat maunya ga mo yang plain

Ikaa Puspita Sarii Dhije Shelly oh ya bun anak saya ini malas bgt bangun jd kalo bangun nangis kalo uhtnya taro dot boleh kah bun

Bunda Rohma Ikaa Puspita Sarii tapi lebih baik hindari dot bun. Dulu anak pertamaku, tetep pake sedotan uht, anaknya atidak miring, kita pegangin uhtnya biar tetep berdiri, taru sedekat mgkn ke mulut anak, jd seperti ngedot tapi langsung dr sedotan

Lisa Yunix
Anak q tidak doyan sufor bun,doyannya susu indomilk kalengan.sudah mau 3 tahun tapi mch asi juga ce.Blm lepas asi bun,

Rizki Nur Fitri
Duuuh, stop mbak ngasih indomilk kalengannya. Itu buian susu, itu gula rasa susu. Nanti anakmu malah kena diabetes

Isna Shalasiva
Itu bukan susu tapi krimer buat pemanis tambahan.itu gula nanti giginya rusak lho dan juga bikin diabetes.

Vpr Dhika
kalau susu frisenfleg(susu bendera)sama kah bun

Rizki Nur Fitri
Sama aja mbak, itu gula rasa susu. dari pada dikasih itu mending mbak kasih air putih aja jauh lebih sehat, tidak bikin diabetes

Ungu Violet
Sama bund anak sy umur 2tahunlebih 1 bulan juga,,,di sapih juga br satu mggu juga ,,alhamdulilah g rewel sehat2 sj bund,,pdhal juga g mau sufor bund,,,makan banyak g usah sufor bund,,banyak mnum air putih lg bagus bund,,,g usah haruz sufor

Nur Hidayah
Dulu saya awalny pake c****h go/uht dia suka tapi sufor g mau, terus saya rajin nawarin bund walo buat tapi sering kebuang, mentok2 cuma abis 30ml, tapi lama kelamaan jadi nyusu mulu.


Cumi Gwee
Dari pada sufor lebih baik susu sapi murni bunda kalo tidak ada alergi protein sapi,lebih sehat


Tri Mulatsih
Cumi Gwee nah ini ...Anak ku kalau minum uht , sufor , susu sapi murni tapi tinggal minim(ada tetangga jual) itu aman.
tapi kalau ku masak in susu sapi kok jadinya perut nya error , diare tapi tidak sampai minum obat sih , cuma sehari itu tapi bolak balik.
Apakah ada tips nya masak susu sapi ? Sama bun anak sya aja gk ska sufor sudah sya sapih jd dy gk minum susu klw mlm paling klw siang ja sy ksi suu uht yang coklat baru dy mau

Santy akuilla
Coba disuapin pakai sendok bunda.. q juga tahap mmperkenalkn sufor ke babyq..rencna juga mau tak sapih

Anty Yuanita
Seumuran anakku donk bun .2,1 th, Sama bun anakku juga dr 1.5 tahunsudah aku kenalin sufor ,niat hati sih biar di sapihnya gampang ,eh si dd sufor merk apapun di tolak.

Putri Aisyah Al-hasani
Anakku mlh gk sufor sama sekali...gk doyan susu putih dia....sukanya ngemil

Lidia Geulis Sikumbang
Sama dgn anak sya bun, juga G mau sufor, karena dari lahir full asi, sekarang udah d sapih, niat hati ngaih sufor utk tambahan nutriso nya, tapi si anak G mau, dan konsul k beberapa dokter, katanya sufor utk anak 2tahunsebenarnya G perlu, yang penting nutriai dan gizi terpenuhi dari makanan dan cemilam sehat yang d kasih
sekarang anak saya lebih suka makan dan ngemil bun,

Reasy Simbolon
Lidia Geulis Sikumbang sama banget kayak anak saya bun
Saya senang karena anak saya kuat makan dan ngemil 😊😊

Lidia Geulis Sikumbang
Reasy Simbolon iya bun, alhamdulillah makan dan ngemil nya lahap, tinggal kitanya yang harus telaten pilih makanan & cemilan yang sehat,

Dee Indee FashionShop
Anakku juga tidak mau sufor.. ini bingung mau nyapih juga.. dah 24 bulan

Fitri
Dee Indee FashionShop menyapih itu bukan mengalihkan ASI ke SUFOR bun. Nyapih pake metode wwl aja bun.

Marin Rain
kasih susu kotak..yang seperti ultra gitu..bun anak sy jug gk suk sufor kalau di kasih nolak mulu.. kalau pun di minum dikit banget paling berapa ml aja..eh pas minum susu kotak lumayan abis mulu.

Fitri
Anakku tidak doyan sufor bun.anak FULL ASI langsung dari PD.tidak pernah pake dot. Waktu nyapih biasa aja. anak gak lemes.tidak rewel.karena saya nyapihnya pake metode WWL, alhamdulillah anak lepas ASI umur 23 bulan. sekarang anakku umur 25 bulan msh tidak doyan sufor.soalnya saya juga tidak pernah beli suforπŸ˜†


Fitri
Annisa Agustina iya mak. . Anak saya juga uht jarang itu pun kalo minum 3 teguk juga udahan. .

Anita Fajarwati
Fitri metode wwl tu gimana bun?

Fitri
Menyapih dangn cinta. . Caranya di sounding terus menerus.terutama kalo mau tidur di bisikin ke anak "dd udah besar,udah tidak nenen ya".tapi kalo anak minta jangan di larang,kalo msh bisa di alihkan ke air putih,kasih air putih, kalo tetep minta ASI kasih aja.tapi juga tidak boleh menawarkan ASI.Kurangi frekuensi menyusu,yang biasa siang 5 x, d kurangi kalo mau tidur siang aja.trus kurang kurangi terus.alihkan ke permainan/kesibukan lain. InsyaAlloh nanti anak lepas Asi dgn ikhlas tanpa paksaan jd tidak ada drama rewel,nangis atau lemes.
Bundanya juga tidak merasa sakit sama sekali,tidak ada rasa jauh dr anak. Kurg lebhnya bgtu.

Annisa Agustina
Anak masih laper ya dikasih makan toh. Kok malah dikasih susu..
Nanti anaknya doyan susu ga doyan makan, ibuknya bingung nangis2 nanya kenapa anaknya ga doyan makanπŸ˜₯ pdhal ibunya yang bertingkah ngasih susu

Vpr Dhika
anak saya buan waktu aku lahiran asi blum keluar sampe 3 hari karena kasian liat dde nangis trus mau nnen kepaksa aku beliin supor eh pas d kasiin ke ddenya malah tidak mau cuma dikit2 d minum nya bahkan sampe muntah mungkin tidak cocok tapi untungnya asi keluar alhmdulilah dresss

Tia Yuniarti
Anak habis d sapih g perlu d kasih sufor bund, saya juga baru nyapih anak, jd kalo anak sdh d sapih mending atur pola makan n menunya, berikan cemilan juga baik buah atau makanan lainnya kaya biskuit, atau bikin sesuatu, anak saya juga g doyan sufor bund, susu uht pun g suka tapi saya beri cemilan2 n buah2an aj d sela jam makan, atau pas terlihat lapar, alhamdulillah saya ngerasa habis dsapih malah gampang menaikan Bb si anak.

Misni Kasihani
Alhamdulillaah anak ku juga tidak suma sufor..pas disapih umur 20 bulan..sy coba kasi sgm tapii dia tidak suka katanya #tidak_enak...disitu sy bersyukur bisa #HEMAT..
dan sekarang anakku maunya makan aja...
Saran sy..jangan terlalu pikirkan masalah sufor bunda..perkenalkan aja beragam makanann....anggap aja ini ujian kesabaran kita sbg bunda...

MΓ’mΓ₯Γ« Zalfae
Bunda2.anaku dh 2th.. Sush dsapih.. Dia kalau nete paling kalau mo tidur aj.. Pernh tk coba mau tidur g sy susuin. Eh ngrengek nangis minta nyusu. Mpe mlm g tidur2..sufor g bgitu doyn. Duh gimana y... Tlong kasih sran dong bunda biar mau dspih.. Ky anak2.bunda mkasih.

Ummu Arham Arfa
Pelan pelan lama lama berhenti kok bun,,w butuh proses yang penting sabar,,bsa dcna untuk tadirnya d gendong atau jangan ditidurkan dlu sblum bner bner ngantuk,pastikan dia mau tadir pertnya kenyang (makann,cemilan)

Monasari Rahman
Anaku 1,5 tahun sudah di sapih tak mau sufor juga.. yang penting kasih makan banyak biar lahap

Ayu Widya
Terimakasih banyak atas komentar bunda" pintar smua,semua komennya sangat bagus,dan sgt membantu saya,dan menjawab smua kegalauan hati saya.ternyta g cuma anak saya aj yang g doyan sufor.naluri seorg ibu apa lg ibu baru seperti saya,pasti selalu menginginkan yang…Lihat Lainnya

Ummu Arham Arfa
Anak sya gx ad yang sufor sama sekali bun,,sya ganti dg madu,dan sari kurma yang ad kandungan propolis dan minyak zaetun bun..

Mia Herlina
Kasih uht aja dulu bun...awalnya anak sy juga gk mau sufor sama sekali, tapi waktu sy kasih uht yang MIMI rasa vanila, dia kok mau...trus lama2 sy kasih sufor Frisian flag yang vanila, pake dot, akhirnya mau juga 😊 lumayan walopun ngedotnya cuma mau sekali aja 😁 asi tetep jalan....skg anak sy umur 21 bulan..

UltariaGrestika Nursali
Mpasi nya aja di cukupkan bun... kalo makannya kenyang tidak mungkin lemas.. kasi sayur dan protein hewani... cemilannya kasi buah2an... dijamin nutrisinya tercukupi... susu formula itu bukan pengalihan yang baik. Kalo mau ngasi susu tambahan... kasi susu kambing aja...

Agung Raffa
anaku sy buatkan sedikit dl Bun yang kental.Alhamdulillah mau.ngasihnya jangan dipaksa dan langsung pakai gelas,pagi dan sore.

Arsy Herwansah
Bun mau tanya dong kalau anak 4 bulan boleh tidak di kasih mp asi

sepertiy Ciky
Sama anak saya juga full asi tidak mau sufor..tapi mau susu kotak..yang penting makan nya aja bunda seimbang...tidak harus susu..ibu saya anak nya banyak tidak ada yang sufor..pada sehat dan pinter..

Devie Lailatul Malikal Bulgis II
Diganti sama jus buah sayur atau bisa susu segar sapi asli.

Rinie Asyuryani
kenapa lemas,,,apakah asupan makan nya kurang? anak sy aja lg sy kurangin susu nya ,pdhl nyusu cuma mau tidur doanak...tapi sy kenyang in dia dg makan,,,karena umur segitu prioritas kan makan nya....anak sy sebelumnya juga asi full,karena saya hamil,,,jd dia nyusu kl tidur doanak,,,,skr mau 3 tahun sy mau stop susu nya ..

Rezki Rachmawati
banyak kok bund yang tidak doyan sufor, yang penting jangan dipaksakan.. makan dan ngemil secukupnya, lebih bagus buah2an kalau doyan.. gantinya susu gt kalau ga doyan.. santai aja bun.. anak ga suka sufor bukan berarti kurang gizi atau ada kelainan.. lemas nya kenapa bun.. nyapihnya pelan2 bund. Siang usahain jangan nete, malem nya aja kalau mau tidur malem. Dioles2 minyak telon putingnya atau di sounding juga bisa.. dikasi tau terus menerus udah gede udah tidak nenen lagi gtu.. wlwpun pasti nangis, ngambek, tu karena udah kebiasaan, jadi memang atidak berat2 diawal nglepas kebiasaan.. tapi pasti lama2 bisa lepas.. dialihkan aja bun tiap minta nenen.. ajak main, nyanyi, becanda, dsb. Sambil dipeluk juga, biar dedek bsa rasain wlwpun sudah ga nenen, ibu tapi sayang dedeknya.

Baca juga: Bendungan ASI mengeras seperti batu, bikin nyeri

Info Ibu Hamil Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan info loker ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar