Skip to main content

Kaki bengkak saat hamil, katanya ada yang bermasalah



Bunda ada gak yang hamil kakinya bengkak? Saya hamil 5 bulan kaki bengkak bund, kata ibu saya ada yang bermasalah dengan kehamilan.

Komentar:

Fbl-niah Crew Jr.
Sya waktu hamil kaki bengkak drah tinggi bun. coba periksa takut ny kena protein + bahaya juga

Sucy Harum Cie Cewet
Apa efek samping nya bun kalau kena protein?? jadi wory juga saya.

Fbl-niah Crew Jr.
Sya juga krang tau bun. waktu kaki sya bengkak 8 blan jln d cek lab protein nYy -. Sya juga gk d ksih tau sama bidan sya kalau +

Fbl-niah Crew Jr.
Inti nYy bunda kurangin makanan yang asin" dlu. kalau msak jngn trlalu banyak garam masako micin. Sya juga gtu disarankan dan sring jjp dan jjs

Sucy Harum Cie Cewet
Ohw mksih infonya bunda2

Nitha
Fbl-niah Crew Jr.,kta bidan kaki sya bengkak bun tensi 130 ,,alhmdllh dicek protein ya negatif,cuman dsuruh kuragin asin2 gtu m suruh nurunin te si gtu

Riita Sucy Harum Cie Cewet
Efeknya kalo protein + nanti pas lahiran si ibu bisa kejang. Bisa bahayain ibu dan bayinya

Fbl-niah Crew Jr.
Iya bun nanti si ibu bla melahirkn bisa kejang" bahaya juga sama bayi nYy. Sya juga waktu bengkak was" bgt apa lgi suami


Sucy Harum Cie Cewet
Y a ampun serem ya bun .sya jaln 6 bulan tapi kaki nya sudah atidak bengkak. tapi tensi normal

Riita
Sucy Harum Cie Cewet gpp bun kalo selama tensi masih normal

Nitha
Riita,kl tensi 130,terus di tes urin negatif ,,,itu g pa2 bun,,,

Riita
Gpp bun, 130 masih normal

Nitha
Riita,iya bun tapi bidan cuma suruh tuk turunin tensi aj,,,mksh atas info ya bun

__________________________________________________________________________________________________________________________________

Rabbiatul Umii
Banyakin gerak bun,itu karena aliran darah tidak jalan kalau hamil 5 bulan udah bengkak kaki nya.

Resty Amelia
Kalau pegel"kaki kanan epek bawaan hamil atau gimana ya bun.

Rabbiatul Umii
kalau pegel2 itu biasa bun buat ibu hamil,aku juga gitu waktu hamil bun . Minta tolong sama suami nya di pijit bun,kalau tidak tiap pagi itu olahraga ringan buat ngurangin rasa pegel2 nya

Resty Amelia
Iya bun, bun emang iya lagi hamil tidak boleh makan kerupuk kulit.

____________________________________________________________________________________________________________________________________

Eka Nur Ramadhani
Semua Bidan dan Dokter aja bilang. orang hamil mah wajar² aja karena umum nya orang hamil pasti kaki bengkak, karena itu bawaan bayi. Bukan masalah

Eka Nur Ramadhani
Ukhti Renna iya bund.. Aku juga bengkak tapi gpp katanya bawaan bayi. Nanti sembuh sendiri

Rianna
Kata siapa bund. tidak semua dokter bilang gitu. Dokter saya tidak bilang gitu. Kalau kaki bengkak, tensi mesti di awasi terus di suruh cek urine/lab . Kalau semua nya normal baru tidak masalah.. Kalau tensi tinggi protein urine + itu masalah. Karna kaki bengkak bisa jadi pertanda preeklamsi..

Erna Apriasa
Dlu waktu hamil pertama kaki q bengkak bun karena tensi tinggi . .hati2 bun harus sering kontrol cek protein urine juga

Rianna
Saya gara" denger omongan orang yang bilang wajar, bawaan bayi. Jadi santai ajah kaki bengkak. Eh taunya tensi 180/100 protein +2 ..
Mending di cek dulu, kalau udah cek terus semua nya aman baru deh bisa lega.

Yuni Indrianingtias
Maaf bun mau tanya. Terus samean lahiran nya normal apa cesar bun @Rianna.

Rianna Normal..
Tapi iufd. Karna keracunan kehamilan (preeklamsi)


Nadin Churin Bunda
riana tensinya kn 180 itu ,,, sebelumx yang dirasain pusing,,,,atw bagaimana???

Eka Nur Ramadhani
Sy sendiri ngalamin lho bund..
Dari awal hamil sampai skrg 7 Bulan. tidak pernah naik Tensi.. Tensi normal trus.
Padahal selama hamil kaki bengkak sampai 3x.

Rianna
Sakit kepala di bagian belakang,
Kalau kaki bengkak itu dari hamil 6 bulan udah bengkak. Tapi tiap kontrol tensi selalu aman. Cuma saya tidak pernah ngeluh kaki saya bengkak jadi tidak di suruh cek urine/lab , orang kata orang" wajar bawaan bayi. Nah pas uk mau masuk 29wek kepala belakang sakit, kaki tangan membengkak, muntah" terus ke dokter usg, cek urine + lab. Protein +2, tensi 180/100 hb 7, di usg baby udah tidak ada. Jadi di induksi sampe nunggu tensi turun, tensi turun ketuban di pecahin, lahir deh. Pendarahan juga transpusi 3 kantong, kata dokter saya masih beruntung karna tidak sampe kejang" dan masih bisa selamat walaupun masuk ruang ICU 2malam

Rianna
tidak semua nya sama bund. Beda''lebih baik itu ya di cek dulu. Kalau sudah di cek terus aman mah lega.
Jadi tidak semua kaki bengkak itu wajar
Bunda aman karna tensi normal .
tidak semua dokter bilang itu wajar apalagi bilang bawaan bayi.


Yuni Indrianingtias
@Rianna Kalau boleh tau makanan yang bisa nurunin tensi apa aja ya bun

Nadin Churin
Berarti bunda lahiran induksi pas usia 29 week?

Rianna
Yuni : semangka, jauhin yang asin" + ke dokter, nanti di kasih obat buat nurunin tensi.

Riita Eka Nur Ramadhani
Ga semua kaki bengkak itu bawaan bayi, dibaca lagi buku KIA nya. Saya waktu itu juga kaki bengkak diomong orang kurang gerak dsruh jlan2. Gataunya preeklamsia, protein+2. Tensi 187/119 Sama dokter disuruh induksi, selama induksi dsruh istirahat gaboleh ngpa2in
_______________________________________________________________________________________________________________________________

Aisyah Amalia
Aisyah Amalia Meski dianggap sebagai hal yang normal terjadi saat hamil dan tak perlu dikhawatirkan, namun kadang-kadang bengkak juga bisa menjadi pertanda kondisi serius.

Salah satunya ketika pembengkakan terjadi secara tiba-tiba di area wajah, tangan atau kaki. Ini bisa menjadi pertanda preeklampsia, yakni tekanan darah tinggi saat hamil. Apabila salah satu kaki terasa bengkak dan juga panas, segera cek ke dokter.

_________________________________________________________________________________________________________________________________

Fitri Wulansari
Saya juga 5 bulan dan ini lagi bengkak. Tadi pagi abis periksa ke bidan. Setelah tahu kaki atidak bengkak langsung tes urine untuk ngcek protein.
Alhamdulillah negatif, tensi juga normal 100/70. Dedek juga normal di dalam. Bidan bilang saya terlalu banyak jalan karena memang beberapa hari ini bantuin saudara acara nikahan, jadi jalan kaki sana sini dan pake motor sana sini.
Sarannya, tidurnya itu kakinya dikasih bantal, terus kaki direndam air hangat kasih garam dikit. Jangan banyak pikiran juga.
Dulu sy perjalanan 5 jam pake motor juga bengkak kakinya, karena aliran darah ndag lancar. Alhamdulillah besoknya normal.

Ukhti Renna
Saya juga awalnya perjlnan luar kota Bund,turun dr mobil kaki langsung bengkak sakit .cuman blm saya cek ke dokter ,ibuku yang wory bund kuatir bgt

Fitri Wulansari
Cek saja bun, nanti pasti lgsg disarankan cek urine untuk ngecek protein.
Mogaa selalu sehat yaa untuk bunda dan janinnya 🙏🙏


Mayank Yoni Aginta
Fitri Wulansari kalo protein.positif kenapa ya bun

Fitri Wulansari
Kata bidan itu gejala janin keracunan di dalam rahim bun.
Dia itu ciri²nya kalo BAK ada apanya gitu tadi, lupa juga 😁
Jaga kesehatan, jaga pola makan kata bidan.

Ru L
Sama bun kaki bengkak karna perjalana jauh,
tidak sampai seminggu sembuh sendiri

Fitri Wulansari
Ru L iya bun, itu td bidan bilang karena aliran darahnya tidak selancar hr biasa.
Mogaa sehat terus untuk bunda dan janinnya yaa.
______________________________________________________________________________________________________________________________________

Rianna
Memang bisa jadi tanda masalah. Bunda cus ke dokter minta cek lab/urine, cek tensi. Kalau tensi tinggi dan protein + itu masalah banget..
Kalau tensi normal terus protein negatif baru tidak masalah..
Itu pengalaman saya, jangan terlalu denger kebanyakan orang bilang wajar. Semua harus di teliti dulu..

Nitha Kki
sya kta bidan bengkak bun,,tensi 130 pas cek urin protein ya negatif terus dsuruh nguragin asin2 gtu
_______________________________________________________________________________________________________________________________________

Niatwar
Saya hamil 7bulan ni kaki saya bengkak tapi tidak tau kenapa ya..

Ratna Pratiwi
Abinaya udah cek proteinnya bund?

Niatwar
Blm, menurut ibu apa ya penyebabnya

Ratna Pratiwi Abinaya
bisa jadi proteinnya (+) bund,jan bisa jadi tanda bhya khmilan bund,mudah2an tidak,kalau misalkan proteinnya (-) mungkin bunda kurang gerak ato mlh terlalu kecapean dan coba kurangi asin2 bund,trus jjp tapi jarak dekat asal rutin dan kaki di tendam air hangat ksih garam sdikit,aku allhmdulilah hml 37w gak bengkak bund.
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Yuni Azwa
Aku bun pas usia 6 bulan. Itu kurang gerak bun sering jalan2 pagi kena matahari pagi dan kurangin garam.
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Valentina Hany Rezqiano
dulu aku pas hamil 5 bulan juga gitu, sekarang alhamdulillah udah jalan 9 bulan penuh udah ga bengkak lagi.
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Ririn Delia Damayanti
Cek protein urine ke bubidan bun.. Tidur kaki di alas pkek bntal yar agk tinggian... Di ajak jln tnpa alas kaki.. sama kalau duduk kaki jugan di biarin ngegantung, hrus nyentuh lantai... Gtu seh pengalaman sy... karena dri umur jnin 4 bulan kaki sudah bengkak... Setelah cek protein urine tapi negatif.. Di sarankan seperti itu sama orang puskesamas.. Alhamdulillah bengkak membaik.
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Elsa Rajabas
Saat usia kandungan sy 4bulan sudah mulai bengkak bukan hanya dikaki aja jari" tangan juga bengkak, hanya saat sy hamil tensi tinggi pd hal sebelumnya tensi selalu

Lupianing Puspita Soelarso
Preklamsia itu apa? Dan gimana penanganannya

Elsa Rajabas
Untuk lebih jelasnya bisa di google, penanganan nya jaga makan hindari garam(sy makan yang bening" dan atidak anta) dan sy harus bedrest(karna sy terlalu aktif kata dokter) jadi wkt sy belum tau kalau sy preklamsia sy memang bnyk gerak bangun subuh sudah jln kaki keliling komplek pulang" santai 30menit sapu" hlmn lanjut kerjaan rmh siapin srpan kepasar, sy menyadari sy jadi cepat lelah dan sedikit pusing lalu dokter menyarankan sy untuk istirahat agar tensi turun dan kaki tdk terlalu bengkak .

Yully Hijjau Ahram
Skrg udah lahiran bun ? Anak.y gimana ? Apa ngaruh sama anak ?

Nadin Churin
Tensi berapa bun,,,lahiran berapa week?

Elsa Rajabas
Bunda, anak sy sudah lahir oktober lalu. Memang saat hamil banyak yang dirasa dari ibu hamil pd umumnya karna tensi tinggi, jari tangan jadi kaku tengkuk leher kencang kaki bengkak kadang kesemutan betis sering keram dan kadang perut kencang dari hal itu dokter mengharuskan sy istirahat (tapi karna sy memang ga bisa diam dari melek mata smp mau malam ada aja yang sy kerjakan ya kalau merasa sangat lelah sy baru istirahat) awal saya pikir namanya ibu hamil merasa lelah sedikit wajar dan sy selalu blg dlm hati sy tdk boleh manja walau keadaan hamil jadi. Dan si tensi tinggi itu bkn hanya dari pola makan yang tdk dijaga pikiran pun juga harus tenang. Puji Tuhan anak sy lahir dengan sempurna tdk kurang satupun, memang saat lahir usia 36week dengan melahirkan SC(kenapa SC? Apa pengaruh? jadi dari awak kehamilan sy sudah cek mata gigi dll bun memang mata sy minus dan selama ini sy pakai soflen tapi pas semenjak hamik hingga skrg sy beralih pakai kaca mata, apa hubungannya mata minus dgn lahiran SC? jadi setelah cek gigi dll terakhir di mata sy yang kiri korneanya tipis dan dokter mata tdk menyarankan sy untuk lhiran normal, jadi dok.mata ksh surat ke dok.spog) dan Puji Tuhan bunda anak sy sehat ceria usia 5bulan skrg, walaupun saat sy diharuskan rawat untuk tindak lanjut saat itu dokter dan suster yang tiap 15menit cek keadaan dari pagi smp bsk pagi untuk oprasi mereka selalu blg sy kuat dan hebat dan bayiku juga hebat saat itu sy hanya tersenyum (karna suster dan dokter blg biasanya tdk ada yang kuat janinnya apa lg ibunya) sampai pd akhirnya sblm sy oprasi pagi itu suster pun msh heran dan blg sy kuat hebat jadi bayinya pun kuat, sy hanya blg "bukan karna kuat dan hebat sy sampai hari ini, sy hanya tdk ingin mengeluh jika sy merasa sakit, sy bersyukur, jika Tuhan mempercayai sy menjadi seorang ibu dari awal yang hanya msh detak jantung dlm rahim pasti Tuhan menopang sy hingga akhirnya." (Maaf jadi panjang)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Ukhti Renna
Maaf ya bunda2 tapi kalau saya gerak terus perut saya kram bund,dr 2 bulan hamil sampai-sampai skarenag sering bgt kram,kaku sakit gt jadi saya masih membatasin gerak

Aisah Azahra Salsabila
Lebih baik tidur ajjh bunn,,, istrahat ajahh kalau msh gitu periksa ajh.
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Herpina Rika Jumabri
Saya lalu waktu 2 bulan periksa urin Kata dokter q terlalu banyAk konsumsi garam. Jadi doker larang saya makan teralu banyak grm,dilarang makan mie, keju, ikan kering dll. dokter bilang efeknya badan dan anggota tubuh lain bisa bengkak. Makanya saya TiDaK berani konsumsi.
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Hany Handayani
Cek leb Bun periksa lebih baik mencegah dari pada mengobati takut kaya temen dari temen saya kakinya bengkak di cuekin aja tau tau usia kandungan 7 bermasalah sama kesehatan si ibu sehinghingga anak nya harus di di lahirkan blm waktu nya dan ibu nya koma ber Minggu Minggu.
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Santii Jugha Santalun Album
kalau duduk jangan digantungin kakinya bun, trus kalo tidur yang dikasih bantal lebih tinggi kakinya insyaalloh bengkaknya hilang.. Saya juga gitu.
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Muawana Dina Krisnasari
Saya selama hamil gapernah bengkak normal semua, setelah melahirkan malah bengkak nya 😥
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Irine Fianni
Saya pernah bengkak di minggu 23 bun, selama bengkaknya wajar dan tensi normal tidak masalah. Saya disuruh dokter kalau tidur kaki diganjel dengan bantal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar