Skip to main content

follow us


Kapan Jahitan Pasca Melahirkan Sembuh Total? - Disini mungkin banyak bunda yang bertanya kapan sih jahitan pasca melahirkan sembuh total? nah seperti yang Kita tahu bun, ketika melahirka tentunya Mis V akan mengalami peregangan untuk jalan keluar si bayi. Saat peregangan ini biasanya akan ada yang mengalami sobekan bahkan hingga ke anus.

Agar tidak mengalami pendarahan yang terlalu banyak biasanya sobekan tersebut akan dijahit oleh Dokter atau bidan. Jadi sobekan Miss V saat melahirkan merupakan hal yang normal, bahkan Dokter juga akan secara sengaja melakukan sobekan agar bayi bisa keluar dengan mudah.

Nah yang menjadi pertanyaan kapan jahitan pasca melahirkan normal bisa sembuh total?

Kapan jahitan pasca melahirkan sembuh total?

Umumnya kalau secara normal, jahitan pasca melahirkan bisa sembuh total dan menyatu dengan daging dalam waktu 2 minggu sampai 1 bulan. Itu juga kalau bunda melakukan perawatan secara baik, Bunda harus tetap menjaga jahitan agar tetap steril untuk menghindari terjadinya infeksi.

Jika bunda tidak melakukan perawatan secara benar, akibatnya luka bekas jahitan akan terasa nyeri. Bahkan jahitan pasca melahirkan bisa bengkak.

Bagaimana cara merawat jahitan agar tetap steril?

Agar cepat sembuh dan tidak menimbulkan rasa nyeri, jahitan membutuhkan perawatan yang intensif, adapun cara perawatannya seperi berikut ini.

Secara teratur bersihkan perban, namun sebelum membersihkan sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu.
Usahakan berikan bekas jahitan paparan udara minimal 10 menit sambil anda berbaring.
Usahakan perbanyak minum air putih setiap hari dan konsumsi makanan yang banyak mengandung serat.
Gunakan celana dalam yang longgar dengan bahan katun, tujuannya untuk membantu sirkulasi udara. Dilarang menggunakan celana yang sangat ketat.

Nah itulah beberapa cara melakukan perawatan jahitan agar cepat sembuh total. Jika ada pertanyaan seputar jahitan pasca melahirkan, silahkan tulis dikolom komentar ya bun.

Pertanyaan dan berbagi pengalaman masalah jahitan pasca melahirkan normal

Pertanyaan:
21 hari melahirkan. Tapi kok jahitan dibuat kencing masih sakit ya bun? Terus masih sedikit perih. Ngilu juga buat jalan. Apa wajar bunda? butuh Berapa hari sih luka jahitan sembuh total?

Jawaban:
Awellnya Kangmunief Sillamunif
wajar bun saya juga 50 hari baru mulai tidak perih lagi tapi tetap masih sakit nyeri dikit.

Fradita Kayisah Fauziya
Nyimak bun, soalnya saya punya bonus obras juga 20 jahitan, baru 10 hari pasca melahirkan.

Ummu Al Kahfi
nyimak bun saya juga sama kalau pipis masih sakit sama kaya bunda Fradita Kayisah Fauziya di obras luar dalem baru 15 hari melahirkan dan pipisnya juga sakit apa lagi kalau pup.

Hani Sipipi Gembil
Sudah minggu lalu katanya keluar nanah tapi jahitan bagus, rapi sudah agak kering. sudah tidak keluar lagi sekarang bun. Cuma tinggal perih dikit sama ngilu atas Miss v. bahka kadang tidak bisa jalan.

Faridselalubersamachity
saya 5 hari sudah kering.bak baik2 saja gak ada keluhan hanya saja kalo bab agak sedikit khawatir

Yonielda Nolis
Aku dulu 3 bulan masih merasa ngilu bun, saking banyaknya jahitan luar dalam lagi (tidak tahu berapa jahitan, tapi benangnya panjang banget. Lupa tidak tanya karena saking sakitnya nahan jahitan).

Pertanyaan:
Bun jahitan obras pasca melahirkan normal sudah 3 minggu kok masih berasa perih ya? padahal jahitan sudah menyatu jadi daging, wajarkah bun?

Jawaban:
Sri Susanti
Wajar dong bunda menyatu kan bukan berarti sudah sembuh. Mungkin diluar terlihat sudah kering dan normal tapi kan jahitan dalam nya kita tidak tahu sudah sembuh apa belum. Saya saja 2 bulan baru sembuh total.

Sarii Esa ohehe
kirain aku aja bun yang kaya gitu, maklum baru pertama

Fauziah Virdianty Marsiska
saya yang jahitan 4 sampai sekarang masih ngilu bunda kadang kalau ingat, saya gak berasa sakitnya pas masuk 5 bulan bunda

Annie Setyawan
hehehe dulu aku anak pertama malah sampek 5bulan baru sembuh bu

Nadya Sharma Adiva
Aku kemarin jahit 4 belum ada 1 bulan setelah melahirkan sudah kering dan tidak sakit sampai sekarang. Jangan makan bayam bun itu buat jahitan sakit dan tidak kering kering saya yang sudah membuktikan sendiri, kalau bisa yang berkuah di hindari dulu biar cepat sembuh.

Pertanyaan:
Bunda yang sudah pernah melahirkan normal dan dapat jahitan, dapat berapa jahitan? terus sembuh nya berapa lama? aku hari ini sudah 37 hari pasca melahirkan tapi koq masih sering terasa nyeri ya bund?

Jawaban:
April Mei Aku dapat 4 jahitan. Allhamdulillah 2 hari sudah bisa jalan-jalan. Masalah nya waktu lahiran saya di suruh jalan2. Cuma kalau berak/pipis berdiri. Mungkin mba jongkok ya?

Eva Ria Pratama Widodo
aku dapat jahitan banyak bun karena di gunting, 60 hari setelah melahirkan sudah hubungan badan.

Eva Ria Pratama Widodo
aku 60 hari itu sudah nyuci baju sendiri angkat berat. maklum cuma tinggal berdua sama suami dan suami harus kerja. Mertua sudah pada meninggal semua. ortuku jauh di jateng di sini cuma 2 minggu karena harus pulang ke jateng ngurusin 2 adek'ku yang masih sekolah sd.

Khairunnisa Oktavianti
Kalau saya 9 jahitan bun di dalam 4 di luar 5 soal nya maaf ya saya angkat pantat. 2 bulan baru sembuh total kalau kering 2 minggu sudah kering jahitan soal nya di cuci pake sabun bayi jadi cepat kering. sama bun saya dijahit tidak di suntik bius, untung ada seorang ibu saya yang rela menunggu saya lahiran sampai dijahit.

Pertanyaan:
sore bunda mau tanya, pasca melahirkan normal jaitan luar dalam, kenapa ya sudah 10 hari tapi jahitannya masih belum kering dan masih sakit, berapa hari sih bun jahitannya bisa kering? terus pakai apa ya bun biar cepat kering?

Jawaban:
Siti Kurnia
Kalau aku kemarin sih bun minum godokan daun sirih campur daun jawer kotok kalau sunda mah.

ELsa MeiLisa
Kalau aku pakai betadin salep terus ganti centabio, Alhamdulillah 2 mingguan jahitan kering bund.

Winda Dhea Amelia
Paling cepat kering nya 1 minggu paling lama 2 minggu. tiap abis kena air miss v langsung di lap sampai kering pakai tissue terus di kasih betadine.

Eva Syarifah
pakai pembalut avail bun (maaf bukan promo) berdasarkan pengalaman 1 minggu juga kering.

Sam Stations
Aku ceboknya pake detol + air hangat agak panas dikit yang penting kuat, agak diraba bun dibersihin. kata bidan kuat kok jahitannya jangan takut pecah/ robek, aku juga awalnya takut banget. tapi demi kebersihan aku lawan rasa takut dan benar bun. 2 minggu tuh benang jahitan sudah hilang menyatu dengan daging. Kalau area jahitan bersih regenerasi kulit cepat, buktinya aku cuma 10 hari bun.

Ummifayyad Fahrudin
Cebok pakai rebusan daun sirih dan daun miyana cepat banget keringnya.

Sari Mojank Cizoka
Makan telor rebus saja bun 9 butir sehari cepat banget kering nya dan bagus buat luka jahitan aku dulu.

Baca juga: Makanan apa agar jahitan melahirkan normal cepat kering.

Pertanyaan:
bun tadi saya saat lagi mau pipis menemukan benang di miss v. Itu kira-kira benang apa y bun?? aduh bun saya ngeri banget, katanya kan benangnya menyatu jadi daging.

Jawaban:
Ibnu Malik
Tandanya jahitannya sudah kering bun. Kalau di gunting apalagi benangnya pada peretelan. Tenang saja kalau jahitan dalam iya jadi daging, kalau yang diluar peretelan berarti sudah bagus, bersihkan saja pakai air biasa yang bersih tidak perlu pakai betadin.

Ibie Poenya Iko
Saya dulu juga gitu bun sering nemuin benang, jadi parno, takut, stress, takunya dijahit lagi. Ehh ternyata tidak apa-apa, ini sudah sembuh total.

Nheng A'an Salsabila
Sembuh total nya berapa bulan bun? Saya sudah sebulan, tapi kadang masih nyeri.

Ibie Poenya Iko
Sebulan mah biasa bun kalau masih nyeri, saya jauh dari ortu jadi setelah melahirkan langsung ngerjain apa-apa sendiri dan spring bed nya langsung diatas lantai, jadi mau bangun agak susah. Kalau sembuh total tanpa nyeri sedikitpun itu 3 bulan.

IrmafarrelBhudaxsnha
Klo saya dah 2 bulan pasca mlhirkan ko bkas jahitan brasa perih klo pipis .. pdhl sblum y ngga perih biasa aj bun .. kira3 knpa y .. worry

Fitri Slalu Setia
kalau saya beda bun jahitan luar sudah kering mulus dan rapi seperti tidak di jahit. tapi ini kenapa ya yg di dalam kulit saya raba seperti ada benangnya, jadi seperti di tusuk jarum gitu padahal kemarin-kemarin tidak ada bun.

Anne YumnaZam
Pernah baca postingan di grup sebelah kasusnya sama kaya bunda ts ternyata kain kasanya tertinggal didalam. berasa mengganjal tidak bun? takutnya sama.

Info Ibu Hamil Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan info loker ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar