Skip to main content

Macam-macam Ukuran Bentuk Perut Hamil 5 Bulan


Halo bunda, kali ini aku mau share beberapa pengalaman dari kehamilan usia 5 bulan. Biasanya jika hamil sudah menginjak usia 5 bulan maka jenis kelamin nya sudah bisa diketahui dari bentuknya.

Memang sih meskipun tidak seratus persen akurat, tapi buat ibu hamil yang penasaran bisa dicoa saja melalui USG. Nah berikut ini beberapa bentuk ukuran kehamilan usia 5 bulan jika bunda mengandung anak laki laki atau perempuan.

Bentuk Ukuran Perut Hamil 5 Bulan


1. Bentuk Perut Kecil

ketika usia kehamilan bunda sudah menginjak usia 5 bulan, namun bentuk ukuran perut nya nampak kecil. Kemungkinan bayi yang sedang bunda kandung adalah anak laki-laki.

Bayi dengan jenis kelamin posisinya membentuk lingkaran lucu, jadi kelihatan kecil. Akan tetapi sepenuhnya percaya ya, ini hanya mitos dari orang tua dulu. Tapi kadang ada benarnya juga bun.

2. Bulat besar seperti semangka

Nah yang ini kebalikannya dari nomor satu. Jika bentuk ukuran nya agak membesar dan bulat seperti semangka, dapat diprdiksikan bunda sedang mengandung anak perempuan. sebab posisi dari janin anak perempuan cenderung akan terus membesar perutnya.

3. Bentuk perut ibu hamil agak tinggi

banyak mitos mengatakan jika bentuk perut seperti ini dan posisinya janinnya sedikit lebih tinggi, diprediksi bunda akan melahirkan anak perempuan.Sebab umumnya janin anak perempuan akan menempel di bagian atas rahim. kalau bunda tidak yakin silahkan saja melakukan USG.

4 Bentuk perut agak turun

Ketika kehamilan menginjak usia 5 bulan tapi perut bunda sudah turun,kemungkinan bayi yang bunda kandung ukurannya cukup besar, namun juga bisa disebabkan oleh lemak perut ibu dan air ketuban yang banyak.

Namun pernah ada teman saya sendiri, bentuk ukuran perut turun kebawah padahal usia kehamilannya baru 5 bulan. Alhasil saat ingin HPL ternyata setelah di USG bayi nya laki-laki dengan posisi sungsang. Mau tidak mau akhirnya harus dilakukan operasi caesar.

Nah itu menurut penagalan saja ya bun, bunda tidak harus percaya. namun sebaiknya jika perut sudah turun di cek saja ke Dokter kandungan atau bidan yang berpengalaman.

Itulah artikel saya tentang kehamilan di usia 5 bulan. jika ada bunda yang ingin bertanya dan memberi jawaban silahkan komentar dibawah.

Pertanyaan dan jawaban bentuk perut ibu hamil 5 bulan


Pertanyaan:
Maaf mau tanya aku lagi hamil 5 bulan nie bentuk perut nya ko besar kebawah ada yang bilang sih turun peranakan terus ada yang menyarankan untuk urut saja ke paraji supaya di sangsurin itu aman tidak yah bunda?

Jawaban:
Endang Lestari
Perut jangan di urut bun, Biasanya kalau sudah lebih 4 bulan tuh ada yang perutnya udah turun. Tapi waktu aku 5 bulan belum ini 6 mau ke 7 baru keliatan turun.

Laura Anggesti
tidak apa-apa bund, tapi minta urutnya sama orang yang sudah pengalaman, aku pernah minta urut waktu kandungan aku 5 bulan kemaren, perut aku sering sakit d bawah pusar, kata tukang urutnya kandungan aku turun, setelah diurut syukur alhamdulilah tidak sakit lagi bund, kata siapa tidak boleh di urut? malah bidan di tempat saya menganjurkan di urut, bidan cuman bisa melihat keadaan bayinya aja bund, tapi kalau tukang urut bisa merasakan letak dan posisinya bund.

Novita Esti
Perut tidak boleh diurut bunda, karena salah-salah bisa menyebabkan bayi meninggal dalam kandungan. Bayi kan cari posisi yang nyaman buat dia sendiri.

Ayu Darma
tidak gitu juga bun kalau memang hamil 5 bulan nyeri dibawah pusar dan kalau jalan itu mah harus diurut. urutnya bukan seperti capek, tukang urut mah tahu palingan dipegang-pegang saja tapi doanya kerasa kalau bayi nya muter bunda jangan salah pengertian tentang urut.

Rni Fuji Astuti
Saya juga jalan 5 bulan, yang lebih menonjolnya perut bawah juga bun. Lagian bunda, letak janin ukuran segitu mah emang masih dibawah puser. Atau tanya ke bidan deh, tinggi fundus nya. Jangan coba digeser-geser sama dukun beranak, kalau hasilnya fatal dokter /bidan tidak mau tanggung resiko lho.

Rahma Waty
Tidak perlu di urut bun malah bahaya bagi janin.

Niara Imaniar
Jangan sesekali di urut Bun. Bahaya buat janin, nanti dia cari posisi nyaman sendiri. Mau turun atau diatas memang sudah begitu bayi diperut. Banyak kasus diurut malah jadi sungsang/bayi meninggal didalam.

Click Nengnong Neng Iyya
makasih bunda" Atas saran nya aku jadi bingung sendiri, tapi kata mamah mertua ku mending datang ke bidan saja katanya bidan juga bisa pijat untuk peranakan yang agak kebawah. setahuku bidan tidak bisa ya?

Novita Esti
betul mending langsung ke bidan atau rumah sakit bund. setahuku di sana juga ada kok pijat yang khusus ibu hamil.

Niara Imaniar
Pake korset hamil saja Bun biar ke angkat perutnya.

Risa Thalita
kalau di urut kadang plasenta ke geser mba mending yang wajar saja, nama nya juga hamil pasti ada perubahan di perut. Kan janin berkembang nanti di usia hamil 7 bulan dia aktif mutar nya dan gerak kiri kanan.

Laura Anggesti
Kalau menurut aku bund, bidan sama tukang urut itu sama2 berperan penting bund, contoh tetangga aku udah 3 kali ngelahirin pi gak pakai bidan, setelah lahiran baru panggil bidan buat nimbang anaknya, mala dia sehat2 aja, besoknya udah bisa nyuci, kalau bidan kan pakai alat bund buat lihat bayinya, tapi kalau tukang urut bisa merasakan gimana posisi bayinya. Aku waktu lahiran anak pertama pakai bidan sama tukang urut, waktu ketuban pecah perut aku dirabah sama tukang urut, mala bidan yang nyuruh, terus aku di suruh ngeden sejam kmudian lahir de debaynya,

Fiya
Tapi sekarang kan sudah tidak boleh melahirkan dirumah atau dibidan bun. Tetangga saya juga gitu melahirkan dirumah, padahal sama bidan. Anaknya sudah lahir ternyata dia pendarahan untung cepat dibawa ke rumah sakit kalau engga tidak tahu deh gimana. Bidannya saja sampai ketakutan. Karna kita tidak tahu besok kalo lahiran ada kendala apa. Inginnya sih lancar tapi kalu ada alat Dan sarana yang lengkap kan lebih tenang.

Laura Anggesti
Kalau di tempat saya masih boleh bund melahirkan dirumah, tapi harus pakai bidan desa, tidak boleh bidan dari tempat lain.

Sallma Dan Sallwa
Aku juga perut besar ke bawah pas usg dokter tidak bilang bahaya ko, apalagi di bawa ke tukang urut kayanya saya di marahin dokter.

Nbla Plj
Saya mah hamil 1 bulan 2 kali di urut bun, Soalnya Peranakan suka turun terus Nonjol nya sebelah kanan mulu. eeh diurut Alhmdulillah tidak ada Kendala apa-apa sekarang Ukuran 7 bulan.

Ayu Darma
Orang ke tukang urut tidak sembarangan kalau tidak ada masalah ngapain ketukang urut. Kecuali ada keluhan habis angkat berat kalau umur perut dibawah 6 bulan masih rawan. Itupun tukang urut tidak akan diurut cuma dipegang saja, tapi terasa bayi cari tempat yang nyaman.

Yunitha
Biar aja gtu bund jangan di urut,aku saja seperti itu juga bun.

Click Nengnong Neng
Ooh sama, lalu kata bidan apa kalau aku ada yang bilang turun peranakan..

Yunitha Blng
bidan, emang katanya ada juga perempuan kalau hamil di bawah, tapi itu saja bun jangan kuat angkat-angkat berat sama jongkok lama atau duduk lama, apalagi hamil nya masih muda.

Pertanyaan:
Memang kalau hamil 5 bulan perut masih tidak terlalu besar ya? Soalnya ini hamil pertama ku.

Jawaban:
Mell Meilanii
iya bun aku juga gitu, ini kehamilan pertamaku. tapi sekarang sudah agak besar ukuran 25 minggu.

Sofia Jua Arianty
Aku juga terlalu besar ukuran 23 minggu, mungkin karena badanku tinggi dan gamisan terus jadi orang kira aku hamil baru 3 bulan.

Trias
Maaf y bunda2, saya aneh kenapa sih di grup banyak banget yang tanya hal perutnya pas hamil kecil atau besar. kalau memang ada rasa khawatir dengan bayi nya periksa dong, lagian bentuk perut kecil atau besar tidak pengaruh kok ke pertumbuhan janin, tetap kalau kita mau tahu perkembangannya ya harus rajin-rajin periksa ke bidan dan usg.

Pertanyaan:
Bun gimana cara nya supaya perut besar saya hamil 5 bulan? Tapi kata orang orang ko perut nya kecil dan tidak kelihatan 5 bulan. jadi perut nih bun campur sedih karna merasa malu maaf jadi curhat.

Jawaban:
Mamah Ihsan
Bunda saya pun seperti itu waktu hamil. Kelihatannya pas kandungan masuk 7 bulan. Tapi alhamdulillah bayi ku lahir dengan berat badan cukup dan sehat lagi.

Mimih'nya Nabhan Nabila
Saya juga bun sudah mau 7 bln tapi perut masih kecil, sedangkan teman saya di posyandu ukuran 5 bulan perut nya sudah besar. Tapi apa mungkin efek saya yang agak kurus? berat badan saya 50kg, sedangkan teman saya yang kehamilan nya baru 5 bln berat badan nya 57kg.

Adindamutiaraputri
Saya 2x hamil kecil mulu bun, ah jangan jadi pikiran biarin aja, kan kita selama hamil harus bahagia, di senyumin aja bun.

Nuraziedah Esah
Waduh, Soalanya bikin puyeng. Iya mahu gimana mbak? Kalau sudah begitu perutnya tidak apa-apa kok, asalkan baby nya sehat-sehat saja. Aku aja yang mau jalan 7 bulan seperti hamil 4 bulan. Iya kalau mahu besarkan perut tidak pernah belajar lagi, biarin aja lah omongan orang.

Azizah Muarif
Saya juga sama Bun hamil 5 bulan seperti hamil 3 bulan soalnya saya jarang makan nasi. Tapi kata bidan normal kok perutnya sama usia kandungan soalnya pinggang saya tinggi katanya.

Rizki Wahyu Laili
Besar kecilnya perut ibu hamil tergantung tinggi dan berat badan bun, kehamilan ke berapa dan banyak hal yang lain. Saya waktu hamil 6 bulan saja teman-teman kuliah saya ndak ada yang tahu kalau saya hamil, kelihatan perutnya gendut baru pas 7 bulan. Ini aja kalau periksa di puskesmas ketemu bumil-bumil lain, mereka tidak percaya kalau saya sudah 9 bulan, padahal kata bidan kehamilan saya sehat, normal, posisi si bayi bagus, detak jantung juga bagus. Ngapain sedih dan malu, jangan hiraukan nyinyiran tetangga bun, memangnya mereka tau apa. Yang penting waktu periksa kehamilannya sehat.

Rutdiana Sitanggang
Jangan terlalu mendengankan omongan orang bund. Karna tidak semua orang hamil nya kelihatan besar kan? Saya juga juga begitu soalnya, sampai hamil 7 bulan masih kelihatan kecil, tapi lewat 7 bulan baru lah bertambah. Selagi bayi sehat tetap optimis ya bund, karena postur tubuh juga mempengaruhi bentuk hamil kita.

May May
Aku dulu hamil 9 bulan saja masih kelihatan kecil mbak seperti masih hamil 4 bulan apalagi kalau pakai baju besar malah kayak tidak hamil. Tapi Alhamdulillah setelah lahir berat badan bayi ku 3 kg Bun.

Idha Ayu Lesthari
tidak apa-apa bun, jangan di pikirkan. lha saya sudah hamil 7 bulan saja kata orang seperti kayak orang tidak hamil, soalnya saya tetap gesit dan badan berasa enteng aja gitu, sekarang sudah mau lahiran baru kelihatan kata orang2. Yang penting setiap periksa semua bagus dan tidak ada keluhan apa-apa.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar