Skip to main content

Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Semua Usia


Cara Menaikkan Berat Badan Bayi - Halo bun, adakah yang mengalami berat badan bayi tidak naik seiring dengan semakin bertambah usianya? kalau ada berarti bunda harus membaca artikel ini secara teliti ya.

Bayi yang berat badan tidak pernah bertambah naik memang membuat bunda khawatir, untuk mengatasi hal ini biasanya banyak orang tua akan mencoba berbagai jenis makanan yang bisa menambah berat badan bayi.

Namun sebaiknya tidak asal kasih makan bun, sebagai orang tua bunda juga harus tahu mana makanan bergizi ang pantas diberikan untuk bayi anda.

Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Nah beberapa makanan ini sudah saya coba untuk menambah berat badan bayi, jika bunda mau coba silahkan saja.

1. ASI Dan Tambahan SUSU Formula

Memberikan ASI sesering mungkin menjadi cara ampuh agar berat badan bayi bisa semakin bertambah. kandungan gizi pada ASi melebih makanan dan minuman lainnya karena kandungan gizinya sangat cukup untuk kebutuhan anak anda. Yang pasti terus saja berikan ASi kalau berat bdan bayi ingin cepat naik. Namun jika AS tiddak mencukupi, bunda bisa memberikan susu formula sesuai usia bayi.

2. Ubi manis

memberikan ubi pada pada bayi usia 6 bulan ketas juga bisa bisa menjadi makanan penambah berat badan bun, karn ubu terkandung lemak jenuh dengan kadar yang rendah, vitamin A magnesium, serat dan kalium. Dihaluskan dulu ya un sebelum diberikan pada bayi.

3. Daging

Apabila bayi sudah menginjak usia 8 bulan, berikan saja daging ayam. Namun pastikan daging ayam asli yang sudah dihaluskan ya bun, bukan daging ayam dari makanan instant seperti cerelac atau bubur organic. daging ayam terkandung banyak vitamin, protein dan kolestrol sehat yang dibutuhkan untuk menambah berat badannya.

4. Alpukat

Nah buah yang satu ini bisa menaikkan berat badan buah hati kesayangan anda bun. Selain teksturnya lembut dan rasanya yang disukai bayi, alpukat juga terkandung lemak sehat yang bermanfaat untuk berat badan bayi agar semakin bertambah. bahkan kandungan seratnya bisa memperlancar bayi untuk BAB.

5. Telur

Tidak ada salahnya mencoba telur sebagai makanan untuk anak yang kurus bun, karena dalam 100 gram telur terkandung Vitamin A, B12 dan 13 gram protein yang dapat membantu tumbuh kembang anak. Bunda bisa mencampurkan telur saat membuat MPASi buat anak.

Nah itulah resep saya agar berat badan anak saya bisa semakin bertambah. Lanjut lagi bun, kita baca kisah dan pengalaman dari ibu ibu yang anaknya memiliki berat badan yang kurus. baca sampai hteliti ya bun, karena banyak bunda yang memberikan solusi sesuai pengalaman dibawah ini.

Pengalaman Menambah Berat Badan Anak

Bunda mau belajar dari pengalaman? Silahkan dibaca komentar dari pengalaman ibu-ibu dibawah ini. karena tiap komentar dan tanggapan ibu disini memiliki solusi untuk mengatasi berat badan bayi yang tak kunjung naik.

Bagaimana Menaikkan Berat badan Anak yang Tidak mau Sufor?

Bun minta solusinya. anak saya umur 2 bulan hampir 3 bulan rencana mau imunisasi DPT 1. Tapi bidan RS tidak mau karena berat kurang, karna lahir bb 2,1 seharusnya sekarang bb 4,1. Tapi berat badan anak saya masih 3,7. harus sudah naik 3ons dalam 2 minggu kedepan. Saya full ASI kata DSA suruh sambung sufor kalau berat badan tak naik harus di Lab. tetapi sudah saya coba macam-macam sufor anak tetap tidak mau selalu dimuntahkan kadang disembur lagi. Saya harus bagaimana lagi bun untuk menaikkan berat badan anak saya?

Tanggapan;
Fitri Dewi Andriani Anak saya lahir 1,9 bun,,di rumah 1 minggu naik jadi 2,2 cekup langsung di imunisasi sama DSA.. sekarang sudah 1 bulan setengah bb 3,2 bun...

Nadia Cornelia
full asi kah bun?

Fitri Dewi Andriani
Iya bu, bayi nya sering tidur kalau siang tapi tetep aku bangunin harus tetap minum asi 2 jam sekali. bunda tiap hari makan sayuran bun dan buah. Telur rebus biar banyak proteinya.

Yanti Aninda
Sering disusuin aja bun.

Nadia Cornelia
iya bun ini saya susuin terus. Menunggu evaluasi selama 2 minggu kalau tidak ada kenaikan. harus cek lab, lah aku kasian bun masih kecil. sedangkan macam-macam sufor pun dia tidak mau

Nesya Natalia
Semangat asi saja bun. Anak saya langsung naik drastis 3kg perbulan di usia 3 mau ke 4 bulan. Dulu 3 hari baru keluar asi nya, full asi malah cepat gendut. Sabar bun fokus melancarkan asi saja.

Nadia Cornelia
iya bun mudah-mudahan 2 minggu lagi sudah naik banyak.

Agustina Mahendra
Susui sampe pd terasa kosong 15-20 menit, Semangat full asi. Anak saya full asi cepat kok gendut nya asal kita susui sampe benar-benar dapat hindmilk.

Bayi Usisa 8 bulan berat Badan Hanya 7 Kg

Pertanyaan:
Mau nanya dong, Bagaimana cara menaikkan berat badan bayi dengan cepat, anak ku sekarang 8 bulan tapi berat badan nya naik nya sedikit. setiap bulan nya hanya 3 sampai 4 ons saja perbulan nya, sekarang di usia 8 bulan berat nya baru sekitar 7 kg, berat lahir nya 2800gr, minum asi nya juga tidak terlalu kuat.

Tanggapan:
Dewi Abbas Hatisyah
Tetap ada kenaikan kan bun, yang paling penting anak sehat aktid ceria bunda. Untuk mengetahui normal tidaknya silahkan cek kurva pada buku KIA pink bun, sudah berada di garis yang mana. Bisa di coba double protein hewani, double protein nabati, wajib ada lemak tambahan pada menu adek (buah tidak usah lemak tam tambahan ). Konsumsi buah yang mengandung banyak kalori seperti pisang, alpukat, mangga untuk cemilannya. Untuk menaikkan berat badan anak, bukan cuma dari segi makanan nya ya Bun, tidur/istirahat yang cukup, porsi makan sesuai, kebutuhan ASI selalu terpenuhi, makan makanan gizi seimbang adalah faktor yang harus terpenuhi juga agar berat badan anak naik dan pertumbuhannya optimal.

Ellia Rosa
Bayiku 9 bulan bb 8 kg was-was juga soalnya sebulan terakhir batuk pilek datang dan pergi jadi bb tidak naik. Makanya nanti mau konsul ke dsa. Sudah duduk sendiri, merangkak beberapa langkah dan gigi 6.

Nyonya Reny Christi
Dobel protein hewani atau dobel prona juga. Kasih buah berkalori tinggi seperti pisang, alpukat, mangga. Berikan cemlian yang mengandung gandum dan terkahir beri lemak tambahan. Tapi Selama masih ada kenaikan walopun sedikit dan BB masih normal untuk seusianya dan anak masih mau makan apa yang dihidangkan bundanya tidak masalah ko bund yang penting anak sehat. Apalagi kalau anaknya aktif banget bisa sampai tidak naik sama sekali dalam sebulan. Tetap kasih makanan yang bergizi saja, apalagi semakin banyak umurnya memang naiknya juga sedikit-sedikit bund.

Susu Formula Yang Bagus Untuk Anak Usia 1 Tahun Keatas

Bunda minta saran dong. Susu yang bagus buat menambah berat badan anak usia 16 bulan apa ya?

Tanggapan:
Hilya Nuril Musthofa
kalau baby ku minum susu kambing bund, nutrisinya mendekati ASI.

Pesek Oziel
Sedikit pngalamn saya bun. Anaku 20bulan tidak mau makan sufor semua macam juga susah. berat badannya ya dibilang masih normal lah.tapi alhmdllah ngikut sran dsa suruh ganti pediasur makannya lahap dan sufornya alhmdllah sekarang mau.

ApRie YaNtie
Etta goat milk Susu terbaik setelah ASI bund, kandungannya hampir setara.

Bunda'a Aisya
Anak saya baru ganti susu ke bebelac baru 3 minggu, makannya susah. Tadi baru timbang 9,3kg usia 12 bulan kurang seminggu, bulan lalu cuma 8,3 11 bulan naiknya hampir 1kg biasanya paling 2ons alhamdulillah mungkin susunya cocok.

Dhewi Kusmita Mamaa Ayiin
anak saya 18 bulan beratnya 8,6 tapi memang dya bicaranya Pinter banget. Anak saya ksih Bebelac tapi anak saya memang tidak doyan makan..tidak doyan juga minum sufor.. Mau nya asi trs tapi saya kerja..

Na Herlina
Anak saya pakai bebelac,trs setelah 2tahun sambung susu dancow yang batita

Elsa Tri Januarti
Anak sya umur 1bulan sampe 12bulan sufor bebelac berat badan naik tiap bulan tapi badan tidak keliatan gemuk, setelah ganti dancow wih nambah gendut anak ku bun.

Nia Dnty
Pediasure cepat menambah berat badan anak, anak saya waktu 14 bulan diberikan sebulan habis hampir 3 tabung besar, berat badan tambah hampir 3 kg.

Nifuez tidak Cengeng
Omart Smart Brain juga bagus bun. Saya sudah buktikan dan alhamdulillah setelah pusing karena nafsu makan anak jadi hilang akibat tumgi sampek berujung masuk ke RS. Alhmdulillah sekarang sehat kembali dan maemnya tambah lahap dari yang sebelumnya. Penggunaanya juga simple cukup di tetesin 1* sehari. Rasanya manis karena dia dari madu.

Joya Sweet
Coba morinaga platinum yang rasa madu untuk anak 1-3 tahun bagus bun, karena madu bikin nafsu makan anak bertambah.

Dessy Afriyanti
S26 semenjak anak saya ganti susu dari morinaga ke s26 makannya lahap.

Kanaya Larissa Irawan
Numpang nanya bun. Anak saya susah sekali makannya usianya 18 bulan pernah di kasih vitamin mau makan vitaminnya habis balik lagi males makan. Ganti menu sudah, tetapi tidak mau makan. Solusinya bun selain ngasih vitamin. Soalnya anak saya kuat di ASI. Apa kemungkinan kenyang di ASI yah?

Rahma Alfar Alman
S26 bun yang khusus untuk gizi kurang, anakku pas minum susi itu tiap bulan naiknya sampai 700 gram. Pernah sampai 1 kg kalau naiknya selama sebulan.

Monisha Anggoro Wati
kalau anak saya ku kasi Bebelac 3 + madu HPAI Bun. Alhamdulillah badannya berisi dan kencang.

Ina Syahputra Pratama
sgm madu alhmdlh anak saya naik walaupun 5ons alhmdlh asalnya berat badannya segitu saj sekarang nambah.

Mala Anak
saya 19 bulan berat badan nya cuma 7,4 santay saja selama anak aktif setiap hari, makan nya susah susah gampang harus pakai rayuan sufor nya vidorant smart. ya gituh kadang mau kadang tidak, susu nya lebih suka ngemil.

Windy Ramdhani
Sedikit mau tanya, kalau anak di kasih madu tj doang bisa bikin napsu makan?

Kanaya Larissa Irawan Windy Ramdhani
Anak saya juga di kasih madu TJ bun tetap makan nya susah. Mungkin beda yah setiap anak tuh, apa kemungkinan anak saya masih ASI jadi malas makan.

Mamay Maryati
Anak saya awal nya morinaga 2 bulan ganti bebelove dan sgm berat badan nya naik, terus turun juga dikit dan sekali* terus kena jamur susu jadi balik lagi pakai bebelove dan sekarang bebelac 3 alhamdulillah sehat.

Septiwi Nur Hidayati
Untuk usia dibawah 1 tahun bisa pakai infatrini, susu lanjutan di atas 1 tahun pakai nutridrink sama-sama produk nutricia.

Marni Zaina Ardiningrum
Kalau susu kayanya cocok-cocokkan bun tapi kalau buat boost berat badan bisa dobel prohe bun atau cemilan yang tinggi kalori kaya alpukat atau pisang. setahu aku sih begitu karna pas anak si a dikasih susu merk a terus cocok tapi tidak cocok sama anakku.

Kharidha Qurniawati Suwardi
Berat badannya berapa bund sikecil, usia berapa?? dibawah garis hijau kah? anak pertamaku terlihat ramping (kurus) tapi aktif, yang penting anak kita digaris berat badan hijau masih aman bund, tidak musti keliatan gemuk.

Lily Alamsyah MamaAquila
Anakku minum 2 jenis susu bun, lumayan booster berat badan nya yang paling cepat naik berat badan nya minum enfamil(dibawah 1 tahun)/enfagrow (1tahun+). Tapi susah nya kadang enfamil tidak ada di indomaret/alfamart (kalau enfagrow ada tapi jarang ada yang kemasan 800gram). Jadi kadang kalau belum sempat ke supermarket, aku kasih nutrilon royal. itu juga lumyan bagus untuk booster berat badan.

Chinta Putieh
Anakku umur 22 bulan bun berat badannya 2x posyandu nich tetap 12 kg tidak nambah, minum sufornya jarang soalnya kalau dia nya tidak minta tidak di minum makannya juga susah bikin pusing saja apalagi anaknya hiperaktif tidak mau diam. Dikasih apa ya bun biar berat badannya naik?

Enny Nurhidayati
Pediasure bisa diminum mulai dari 1 tahun bun, anakku kemaren juga minum pedia, plus dibantu asupan buah yang bisa naikin berat badan juga kaya alpukat gitu.

Syifa Nay
Anakku 18 bulan berat badan cm 8 kg bun, Sudah ke Dsa kata dokternya anakku alergi susu sapi jadi harus minum susu soya. Susu soya yang bagus apa ya bund?

Lintang Hayu Herdiningtiyas
kemarin saya konsul sama dokter anak tentang berat badan anak, dikasih recomendasi susu dari produk nutricia, tapi untuk takaran tidak bisa sembarangan sesuai hitungan dokter. Jadi sebaiknya langsung konsultasi ke dokter anak saja bund.

Ima Enikbistur
Tergantung anak nya cocok tidak nya sih bun menurut ku,,soalnya tetangga ku anak ny minum nutrilon royal tidak naik" berat badan ny,,begitu di ganti dancow mlah gendud,,jadi tergantung fisik anak sih nerima nutrisi dlm susu pa tidak.

Adella Mafika Sari
coba pediasure bun, anak saya makanya juga susah kalau minum susu pediasure itu alhamdulillah mulai doyan makan.

MamaNya Leon
kalau anak susah makan susu pediasure juga bagus bunda untk menaikkan berat badan.

Dhita Skincare Jember
Resep dokter anak kasih suplemen Kurkumex dan banyak minum susu kedelai serta sari kacang hijau dan makan makanan bergizi.

Sucie Ucie
SGM AJA yang 1 tahun plus, anak saya minum susu SGM nambah 3kg dalam waktu 1 minggu.

Susan Rananda
Anak ku awalnya tidak mau sufor bund, sudah gonta ganti dan sekarang mau nya lactogrow 3 tapi kok berat badan tidak naik ya? Bagusnya ganti sufor tidak ya dan kalau ganti biar berat badan nya naik pakai sufor apa ya? Sekarang usia 13 bulan berat badan nya bru 8.1 susah makan dan kata bidan itu pres banget dari berat badan seharusnya.

Ika Novia
kalau menurut saya kalau memang berat badan dibawah normal harus sesuai anjuran DSA. Kalau cuma buat nyambung doang apa saja bun yang penting susu nya sesuai tahapan umur si dede cocok.

Yuningsih Ajah
Nanti saja sambung susunya kalau udah 2 tahun, kalau mmemang berat badan dibawah standar nanyanya ke dokter bun, kalau tidak cocok susu nanti anaknya diare, diare malah bikin berat badan tambah surut, jangan sembarangan buat anak, jangan kasih yang aneh kecuali dalam pengawasan dokter.

Ekhaa Narulita
Anak saya dari kecil minum bebelac tiap bulan nambah 5 ons, tapi dya doyan makan bun usia 19 bulan.

Auliya WuLandara Anak saya Umur 17 bulan berat badan 8.5 kg. Sudah gonta ganti sufor tapi dia tidak doyan minum sufor. Malah lebih senang minum susu kemasan instan seperti Morinaga

Sudah Double Protein Hewani Berat Bayi Tidak Bertambah

Pertanyaan: Cara menaikkan berat badan bagaimana ya? Anakku usia 7 bulan cuma 6 kg. Awal MPASI memang gtm tapi sekarang sudah tidak. Padahal sudah double karbo juga protein.

Tanggapan:
Mira Yuliani
double karbo tidak di sarankan umur 1 tahun ke bawah karena bisa rawan sembelit bund, cemilan nya pilih yang kalori ny tinggi dan double protein hewani tapi harus konsisten.

Mira Yuliani
Telur ayam dan daging sapi di gabung 2 jenis prohe dan jangan lupa LT juga bisa berfungsi buat boost berat badan.

Mulis Nurhayati
Anak saya memang kecil tapi aktif dan sehat. Cuma kadang lihat komentar orang dibilang gizi buruk, padahal pipinya cempluk. sedih saya, anak saudara cuma diberikan makan nasi sama bawang goreng gemuk banget.

Ratna Juwita Juli
Anak saya juga nanti tanggal 27 november 1 tahun beratnya cuma 7kg tapi sehat, makan doyan, aktif banget tidak bisa diam. mungkin takdirnya sudah seperti itu kali ya.

Idda Bun
Susu formula untuk menaikkan berat badan apa ya?

Meuthia Rakhma Sari
Kasih makan dengan menu 4 dan double protein hewani bisa menambah berat badan. memberi sufor mah gemuk tapi tidak sehat karena gemuknya dari kandungan gula disufornya. Jangan kemakan iklan bun.

Rahmi Hidayanti
Anak saya 8 bulan 6.4kg bunda dan itu sudah doble prohe tiap hari, naik bb nya irit paling 200gr. Bunda lihat saja dari berat lahirnya, karena berat bayi tidak bisa dibandingkan antara satu dengan lainnya. Standar kita hanya pada growth chart saja.

Rita Juwita Hariesman
Anak ku kemarin saat usia 7 bulan nimbang 6,5kg bun saat usia 6 bulan 5,7 lagi karena aku kasih doubel protein jadi sebulan naik 7ons alhmdulilah tidak sembelit malah pup tiap hari lancar jaya.

Lilinn Moccachino
Berikan lemak tambahan bund seperti Evoo, keju, butter, minyak kelapa. Bisa juga makanan selingannya dikasih telur rebus, makan biar gemuk tidak harus banyak.

Aristin Ruspitasari
Sama bunda anak saya hari ini 7 bulan , selasa kemarin nimbang BB baru 5,5kg, kadang suka sedih anak lainnya gemuk-gemuk, padahal anak saya kalau makan dan nyusu lahap. Mungkin memang perawakannya kecil kali ya? soalnya anak saya aktif banget bund tidak bisa diam lagi mau belajar merangkak.

Noor Hassanah
Tegarlah para bunda, Bunda lgi mengalami masa transisi. Usia 0-6 bulan adalah masa keemaasan karena full asi dengan bb yang bertambah terus. Sedang 6bulan ke atas adalah masa ujian dimana kita akan di uji bersusah ria buat mp-asi untuk si kecil, gtm, di lepeh di sembur, aktif tidak bisa diam, bb stuck 3-4 bulan. Aku merasakan bunda, Karena kualitas asi diatas 6 bulan sudah tidak mencukupi zat besi untuk perkembangan anak makanya harus mp-asi. Naikin bb dengan double prohe, alpukat, pisang.

R Kartika Rathomy
Bund saya juga worry, dari bulan lalu ke bulan ni bayi ku cuma naik 1ons Skrg 6,4. Bukankah seharusnya anak itu harus tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia? Ada efeknya kah kalau berat badan badan bayi tidak sesuai usia? Nanti besarnya bakal pendek/kecil tidak ya bund?

Maiia Nank Lophna
Anakku 9 bulan kemarin saat imunisasi berat badannya cuman 6.2 kata bidan. Aku double protein hewani sedangkan cemilan kasih buah alpukat dan keju. Alhamdulillah naik jadi 7.8 kemarin saat timbang.

WaHyu Wulan Ndary
Sebaiknya jangan double karbo bun, karbonya digonta ganti saja. Nasi, oatmeal, labu kuning, kentang. Yang didouble prohe saja, cemilannya buah.

Asif Al Uthsum
Sama bun anakku juga sekarang umur 8 bulan makan lahap buah buahan apa saja mau, cemilan biskuit buat baby apa saja mau, tapi bb tidak naik naik. Bulan kemarin 6,9 bab rutin tiap hari badannya juga kecil bingung juga apa yang salah ya bunda bunda.

Si Misho
Kemarin di grup ini ada yang menyarankan minum susu kedelai, tapi itu yang anaknya perempuan, tapi kalau laki-laki jangan, karena ada homogen nya. Aku sudah beli bun tapi belum Aku kasih ke anak AKu.

Marwa Ummu Azka
Katanya bawaan anaknya sudah begitu bun. Kata dokternya juga, tidak perlu khawatir kalau berat badan anak susah naik. yang penting anak masih mau makan, karna makanan tidak harus jadi daging semua tapi bisa saja ke otak dan darah.

Apakah Puasa Berdampak Pada Berat badan Bayi?

Pertanyaan: Anak ku umurnya sudah 43 hari dan Asi, tapi sekarang kenapa kurusan ya bun. Apakah puasa berdampak pada Berat bayi, kalau sufor dia tidak mau minum. Dan biasa bayi disusuinnya berapa kali dalam 24 jam bun?
Tangapan:
Asmi Norma Wijaya
Bisa jadi bun. Ibu menyusui diperbolehkan tidak puasa. Bayi biasanya nenen 1-2 jam sekali

Henny Nur
kalau ini pengalaman saya bunda waktu bulan puasa tahun kemaren anak saya baru berumur 28 hari jadi saya tidak ikut puasa tentunya setelah saya konsultasikan ke DSA nya dulu. Karena menurut beliau di usia segitu asupan ASI harus berkualitas dan itu di tentukan dari makanan yg di konsumsi ibunya kalo puasa otomatis ada yg berkurangDan di usia segitu di usahakan 2 jam sekali di susuin bunda.

Ika Naomi
Tetap susui anaknya ya bu 2 jam sekali, puasa tidak wajib untuk ibu hamil dan menyusui, tapi ibu juga lihat keadaan bayinya juga, jangan ikut puasa malah bayinya jadi berat badan nya turun dan diberi sufor padahal asi ada.

Dhean Novita Posumah
Anak saya 7 bulan saya tidak ikut puasa bun. Kaerna saya menyusui, Masih merasa kasihan Kalau saya puasa sama anak saya.

Frida Farida Noer
Bukannya umur 43 hari masih nifas bun og sudah puasa? yang sebaiknya jangan puasa dulu Bun umur segitu masih butuh asupan gizi.

Uswatun Kholifah Nuraini
Bayi disusui sesering mungkin kalau bisa satu jam sekali disusuin. Kalau bayi baru lahir, Ibunya boleh tidak puasa bun.

Baca juga: Asi hambar kurang nutrisi dikarenakan puasa.

Dhe Dhede
Anakku 2 bulan bund aku juga merasa anakku kurusan. Tadinya mau nimbang dede ke puskesmas soalnya penasaran. Aku puasa dari pertama bund, Aku kasih sufor jarang jarang. Asi juga tetap ku kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar