Skip to main content

Cara Mudah Mengatasi GTM Pada Anak


GTM merupakan kepanjangan dari gerakan tutup mulut yang sering dilakukan bayi ketika tumbuh gigi.

Biasanya GTM ini sering dilakukan pada bayi yang baru memulai Mpasi. Nah jika ini terjadi sebaiknya bunda tidak perlu panik. Terlebih dahulu ketahui apa penyebab anak menjadi GTM.

Apa Yang Menjadi Penyebab GTM?
Faktor yang menyebabkan anak menjadi GTM tak hanya tumbuh gigi saja bun. Ada beberapa faktor lain yang menyebabkan anak melakukan gerakan tutup mulut antara lain seperti berikut:

Bayi trauma makan

Salah satu ciri ibu yang selalu menggnakan cara kasar dan memaksa anak makan bisa menimbulkan trauma makan. Alhasil dengan sikap orang tua tersebut, bayi menganggap proses makan merupakan sesuatu hal yang buruk. Salah satu cara untuk menghilangkan tauma makan pada bayi dengan memberikan makan dengan cara yang baik dan lebih menghibur bun.

Sakit pada bagian dalam mulut

Anak malas makan dan selalu menutup mulutnya bisa disebabkan oleh bagian dalam mulu sakit bun, contohnya seperti tumbuh gigi, sariawan dan sakit gigi. Untuk mengatasi hal ini, tentunya bunda harus bisa menyembuhkan bagian mulut yang sakit tersebut.

Cara mengatasi Bayi GTM

Perlu kesabaran dan ketelatenan agar bayi yang sedang mengalami GTM mau makan kembali.

Salah satu cara yang bisa bunda lakukan adalah dengan memberikan potongan buah yang ditaruh didepan bayi. Biarkan bayi bermain dengan potongan buah tersebut, nanti juga secara tak sadar bayi akan memasukkan buah tersebut kedalam mulutnya.

Namun jika bayi hanya melihat potongan buahnya saja, sebaiknya bunda arahkan bayi agar bisa menyentuh buah tersebut. Jika anak tetap menolak, lakukan berulang kali. Yang pasti kesabaran sangat diperlukan untuk mengatasi anak yang terkena GTM.

Nah itulah bun penyebab GTM dan cara mengatasinya. Jika Bunda belum puas dengan artikel diatas, bunda bisa membaca kisah dan komentar dari pengalaman para ibu yang anaknya pernah megalami kondisi GTM. Silahkan baca dengan teliti sampai habis, Insya Allah bunda bisa menemukan jawaban yang memuaskan.

Bagaimana Cara Mengatasi Anak GTM

Assalamualaikum bunda2 minta solusinya mengatasi anak GTM Bagaimana ya? anak saya 3 hari ini susah Makan.

Komentar:

Vivi Friyanrivita NasLi
Anak saya Umur 21 bulan sudah 5 bulan ini tidak mau makan nasi bund. Saya yang dariop jadinya anak tidak mau makan nasi gitu tapi alhamdulillah beratnya nambah terus meski 3 ons atau 6 ons. Makannya cuma cemilan roti kue2 gitu sm jus alpukat dan susu yang sering. Gimana caramya ya bun ngembaliin anak mau makan lagi.

Liyotri Yanti Vivi Friyanrivita NasLi
coba kurangin susunya bun.

Vivi Friyanrivita NasLi Liyotri Yanti
sudah bund sudah seharian tidak dikasih susu tetap saja tidak mau makan. sudah dikasih penambah nafsu makan tetap aja tidak minat sm nasi.

Liyotri Yanti Vivi Friyanrivita NasLi
berat badan nya berapa bun. kalau masih tambah tiap bulan yang sudah bun tidak papa. yang penting rajin aja kasih cemilan yang mengenyangkan.

Abadiyah Hiiedayath
Kemaren anak ku juga begitu sebelum puasa sampai puasa GTM, kalau disodorin nasi pasti nangis. tapi tetap aku kasih nasi taruh piring walaupun gk disentuh sm sx tapi aq kasih trz alhmdllah skarenag sudah dilirik walaupun sedikit maunya makan sndari gk mau disuapin.

Inha Asrina
berikan madu bunda tapi madu asli y, pasti nafsu makannya bertambah.

Fahra Almaira
Ikut nyimak Bun. Anakku dikasih madu kok malah diare yaaa . pdhal madu asli dari yang suka ke hutan ???

Galuh Adhisty Inha Asrina
wah madu? Madu asli? Madu tidak boleh dibawah 1 tahun ya bu. Lebih baik kalau mau pakai madu juga jangan yang asli karena rawan kontaminasi spora botulisme, beli yang pabrikan aja karena sudah melalui proses saatteurisasi.

Galuh Adhisty
Inha Asrina dan tidak ada suplemen apapun yang bisa memperbaiki GTM.

Murtini Anak saya sudah hampir sebulan begitu, berat badan-nya turun 2ons, kalo dikasih makan paling 1-2 sendok sudah tidak mau lagi, ngemilnya juga tidak sering.

Annisa Tronton
Nyimak juga, anak kedua usia 19 bulan juga GTM dari sebelum puasa sampai sekarang, kalaupun masuk nasi hanya sesuap lalu dilepeh
Sebelumnya lahap makannya apa aja dia makan tapi sekarang, bingung sya harus bagaimana, ngemil jarang atau susu lainpun hanya seteguk, nenen terus maunya dan jadinya rewel sekali, mohon sharing bunda berbagi pengalaman seperti saya.

Mami Dante Mami Dante
Annisa Tronton seperrti anak sy bu usia nya sudah sebulan GTM apapun tidak masuk susu juga tidak mau. ternyata mau tumbuh gigi geraham belakang bu anak panas rewel. mau nya nenen terus. saya berikan biskuit regal berikan air hangat tiap hari bu biar ada masukan. sudah saya bawa ke dokter juga sama saja.

Annisa Tronton Mami Dante Mami Dante ini anak saya dari bulan mei sampai sekarang bunda masih GTM, belum sya bawa berobat ke dokter sih selama anak masih doyan Asi sih kata dokter tidak papa,tapi saya nya yang khawatir, karena sebelumnya anak lahap makannya.

Ika Sapariana
Coba dibikinkan sendiri sosis atau nugget bunda.

Nani Surya
Annisa Tronton sama seperti anakku bunda tidak mau makan dari sebelum puasa semua makanan di lepeh ngemil juga tidak susu harus dipaksa maunya nenen trus . usianya 1thun 4 bulan πŸ˜” padahal sudah dikasi segala vitamin biar nafsu makan tetap saja tidak mau. stress akutuuu sudah dibawa kdokter juga sama. padahal sebelumnya lahap banget makannya.

Ika Sapariana
Umur berapa bunda? Anak saya umur 15 bulan juga susah makan kadang-kadang. Kalau lagi mogok makan biasanya saya bikinkan sendiri sosis/nugget. pasti lahap.

Tya Tiah
Saya pun begitu bun, Anak saya sudah 3 minggu tidak makan nasi. Terpaksa saya kasi roti milna, atau jajanan milna bun.Alhamdulillah bayi mau makan. pagi saya berikan roti. siang dan sore saya berikan kentang merah yang di goreng bun. Tu menu GTM setiap hari anak saya bun.

DesiDesinur
Alhamdulillah sudah sahabatan dengan GTM dari anak saya 7 bulan. Pernah konsul di forum ini alhamdulillah semua saran saya lakuin dan ada yang berhasil juga tapi tidak lama GTM lagi. Baru akhirnya anak saya suka makan umur 15bulan itu pun juga susah syekaliiii, cuma karena pernah ada cerita masalah GTM dan saya juga obeservasi sana sini dan juga observasi anak saya dari awal makan jadi kadang suka mau aja makan tapi gk lama blass GTM . Sampai saya tau anak saya tiap nenen itu ternyata cuma ngempeng saya putuskan usia 18bulan saya sapih. Gk maksa juga berjalan aja sambil sounding. Baru berhasil sbulan berikutnya dan alhamdulillah anak saya jadi doyan makan (walau akhirnya kalau makan luama sampai sjam) tapi saya bersyukur anak saya mau makan dan banyak saat porsi 3x shari. sampai usia 22bulan ketika saya rasa anak saya sudah mulai mengerti pembicaraan (komunikasi 2 arah) saya selalu tanyakan maunya makan apa dan sudah laparkah belum. kalaubdtanya minun susu / gk? dari dulu anak saya gk suka susu (formula/uht) minum itu harus dibujuk kalau tidak di ajak boboan sambil nonton tapi saya gk paksakan juga tapi imbasnya anak saya jadi doyan makan. Dan sekarang jagoan kecil saya umur 25bulan makan pun ogah2an (ini terjadi ketika saat mendekati jadwal makan ada camilan masuk(biasanya ulah kakek nenek/yang ngasuh/bapaknya sendiriπŸ˜…). tapi karna sudah saya biasakan bertanya dia mau makan apa, jadi kadang2 aja ogahnya makan. Intinya ketika anak GTM kita sebagai bunda gk boleh menyerah mencari celah seperti apa anak kita. Ada anak yang GTM karena bosan makan/suasana atau bahkan yang nyuapin πŸ˜‚ karena selalu dmarahi/stress karena pusing mikirin GTM . (Karna anak saya sekarang kalau sudah dpaksa makan pasti minta sm yang lain buat dsuaoin/makan sendiri) Dan jangan khawatir bunda2 yang anaknya GTM . percayalah someday ketika mereka lapar pasti mau makan dan ada saatnya mereka akan bilang "mau maem nda" . Be patient bunda. Maaf kepanjangan hehehe.

Khazami DesiDesinur
bosen yang nyuapin mungkin bund, di suapin sama tetehnya mau dia haduh soalnya bareng sama anaknya. Kasian bund kalok laper dia ngga bisa bobok. Kelipahan gitu. Kalo malem saya kasih biskuit itu gpp ya bund

DesiDesinur Khazami
iyaa gpp bund. tapi usahakan dulu saat jam makan malemnya dia tetep makan berat walau sedikit. Nanti kalau sudah tidak mau bisa selang berapa menit baru kasih camilan yang ngenyangin. kalau dulu aku selalu sedia buah (pisang, melon,paya) kebetulan dia cenderung buah dan sayur jadi cemilannya itu. Atau coba berikan fingger food bun. Bisa dibuatkan perkedel isi 4* dbuat frozzen jadi sewaktu dia lapar tinggal gorengi jadi camilan+makan juga. Dulu saat GTM parah saya lebih sering ngikutin maunya anak. Maunya 2 suap yasudah nanti selang berapa menit t suapin lagi. jadi sedikit tapi sering. Semangat bun. jangan ada kata lelah dan stress. Yakinin aja nanti suatu saat kalau lagi doyan makan pasti banyak dan minta nambah.

Enykahar
share pengalaman bund, anak saya sejak sebulan dua bulan setelah mulai makan mulai juga GTM nya. Berbagai menu dan trik saya lakukan tapi nihil. sekali pernah lahap makannya karena di menu nya saya campur gula merah alhasil makan lahap tapi BAB tersiksa . keras sampai nangis-nangis. saya stop gula merah ganti dengan madu Tj joybee. alhmdh sampai sekrg usia 2,5 tahun makan minta sendiri dan lahap.kalo pun GTM nya kumat.tetapi bisa mau makan .bahkan sesekali madu tj nya mnta di campur di nasi. selain madu tj kalo sudah mulai kelihatan malas makannya saya mulai rutin "sounding" kalo saat bobo, alhmdlh berhasil.

Mami Dante
Anak saya usia 18 bulan juga lagi GTM parah. tidak mau makan sama sekali, sudah saya bawa ke dokter anak sudah diberikan vitamin dan berbagai cara saya sampai menyerah dan berat badan bayi pun turun dariastis mau nya nenen lagi. tapi saya coba lagi bubur 4*, d saring halus lagi seperti waktu usia 6 bulan. sy kasih tidak encer mau bun jadi ternyata dede mungkin lagi malas ngunyah bu, jadi saya kasih bubur halus.

Menu Anti GTM

Dua minggu kemarin kena serangan GTM sampai bikin stres karena dikit begitu mau makannya, baik itu homemade atau fortifikasi. curhat sana sini sambil keliling facebook, instagram, dan cookpad, ketemu menu ini. alhamdulillah nafsu makannya kembali. mungkin GTM nya karena bosan bubur nasi.

Bahan-bahan:
  • Pasta secukupnya (saya pakai fusili kira2 hampir segenggam)
  • daging giling 1sdm
  • udang kusaat cincang 2
  • telur ayam
  • brokoli 1 kuntum, parut
  • tofu secukupnya
  • keju parut
  • bawang putih 1 siung
  • bawang bombay 1/8
  • garam
  • merica
  • kaldu jamur
  • mentega / minyak goreng

Cara membuat:
  1. rebus saatta sampai tidak lembek, haluskan dengan garpu
  2. panaskan mentega / minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
  3. masukkan daging giling dan udang, tambahkan air, garam, merica, kaldu jamur, masak hingga matang (kira2 sampai tidak empuk)
  4. campurkan saatta, tofu, tumisan daging udang, brokoli, dan keju. aduk rata
  5. masukkan telur ayam dan aduk rata lagi
  6. tuang ke dalam wadah kukus (tambahkan keju parut lagi di atasnya)
  7. kukus 15-20 menit
  8. sajikan hangat dengan tambahan evoo

ini saya buat untuk 2 kali makan. saya buat wkt siang, untuk makan malam saya hangatkan lagi dengan dikukus. oiya, semua bahan bs disesuaikan ya bunda, ga harus sama. daging giling dan udang bs diganti ayam, tofu bs diganti tahu. brokoli juga bs diganti sayur lainnya. semoga anak kita dijauhi dari serangan GTM. sekian curhatan saya.

Komentar:

Ella Manroe
Lagi nyari menu buat si kakak, lagi susah makan Kayaknya ini besok bisa di praktekin.

Dwi Sukmo Istiyowati
Terima kasih bun resepnya anak saya juga lagi GTM sudah hampir seminggu karena mau tumbuh gigi bingung rasanya setiap dibikinin makanan pasti selalu dibuang :'(

Adamara Adamara
Dwi Sukmo Istiyowati Isti semangat buund. coba buatin puding alpukat santan ato puding jagung santan. insya Allah nanti saya share resepnya ya bund.

Anak selalu nangis tiap mau makan

Bunda, baby saya sudah dua pekan ini Mpasi. Tapi sampai sekarang susah banget buka mulut buat maem. Bisa buka mulut kalo nangis karena nolak. Kalo saya suapin saat posisi nangis gitu kok tidak tega, nanti trauma. Saya juga sudah coba ganti-ganti menu, tapi sama saja tidak mau buka mulut. Gimana ya solusinya?

Komentar:

Ika Sapariana
Umur berapa bunda? Anak saya umur 15 bulan juga susah makan kadang-kadang. Kalau lagi mogok makan biasanya saya bikinkan sendiri sosis/nugget. pasti lahap

Yulia Ayu Rahmadani
Mau tumbuh gigi itu bund kaya baby saya ,beberapa minggu yang lalu juga begitu

Mera Wati
Harus ekstra sabar bunda, dulu saat awal Mpasi juga anak saya nangis tiap disuapin tapi lama2 mau juga biarpun awalnya sedikit2, dan pengalaman saya kalo malem sudah bobo dibisikin ditelinganya makan yang banyak ya dek eh besok2 mau makan juga😬😁

Lintang Kejora
Suapin dikit"aj bun klu mulutny susah di buka, nanti kalu sudah tau rasanya pasti mau.
Dlu prtma Mpasi juga bgitu

Reni Asia
Memang butuh kesabaran ekstra Bun . Namanya juga bayi yang baru bljr makan. Ksh sedikit2 tapi sering. anak sy dlu juga awal Mpasi juga sikit2, paling cuma habis 3 sendok. Kalo dia sudah nangis2, sbaikny di hentikan dlu, berat badanrpa jam kemudian baru dksh lagi.

Della Marianaka Masrah
Mungkin masih kenyang. Caritau waktu bayi lapar. Kalau saya setelah bangun tidur tunggu sekitar 20 menit, lalu beri makan. (Jangan diberi asi/susu dulu ya setelah bangunnya). Kalau sudah waktunya, insyaaAllah gak kan nolak.

Aisyah Nur Azzam
Coba diajak maem diluar rumah bund, sambil dia liat pemandangan diluar.

Putri
samaa bund, bayi saya awal Mpasi makan nya susah setengah mati. di sembur2 Mpasi seolah kebiasaan yang mengasyikkan, saya tidak mau paksa bayi saya makan dalam keadaan menangis. padahal dia hanya makan satu dua sendok makan selama satu bulan. akhirnya di bulan kedua, dia seolah ngerti cara makan yang sebenarnya, tidak di sembur2 lagi. kalo diingat2 itu, bener2 butuh kesabaran ekstra. alhamdulillah semua sudah lewat.

Ayu Noor Azizah
Jadwal makannya bagaimana bun, bisa jadi juga masih adaptasi bun.

Yance Febrina
Coba saat beri makannya d bawaa main buun. Ntar kalau babynya dah asik main coba suapin sedikit sedikit.

Yulia Nenxsih
Coba konsul DSA bun. Kata dokter metahanindita, anak GTM pasti ada sebabnya.

Anak usia 2 Tahun susah makan maunya nenen terus

Assalamualaikum bunda2. mnta solusi donk bunda. anakku umur 14 bulan. di ksh makan 2 suap sudah sisanya d lepeh. maunya nenen lalu. pdhl menu sudah di ganti2. kira2 cara ngatasinnya bagaimana y bunda.

Komentar:

Novi N
Sudah 1 tahun keatas brarti sdh bs makan makanan kluarga ,mgkn si adenya sudah kenyabg nyusu jadi malas makan .coba kasih jeda sejam setelah nyusu bun, baru makan. Atau mungkin si bayi lagi tumbuh gigi. Mungkin juga bisaa bikin menu yang bervariasi seperti soto, rawon, bakso, asam manis, ayam kecap, rendang, semur daging, pindang patin, hati goreng.

Yana Ajha
14 bulan sudah bAgus bu bisa makan segitu. Porsi bayi tidak bisa dipaksakan karena usus nya tidak seperti orAng dewasa. Asi aja sudah cukup untuk segalanya, yang penting sehat.

Erick Prahasando Any
Sama bund, si ade juga gitu susah makannya makanya berat badan ny gk naik". sampaik trkadang nangis sendiri kalau dia tidak mau makan.

Yumna Calysta Aqueena
Sama bun tapi dokter saranakan buat memberikan madu tj joyb** alhamdulillah makan nya lumayan meskipun tidak lahap banget.

Naya Muna
Anakku umur 2 tahun aja kalo makan paling banyak 2 sendok orang dewasa,malah kadang cuma 1 sendok, tapi ngemil apa aja doyan dan dia tidak suka susu formula, paling sehari sekali tak kasih susu uht.

Fitri Suci
Anak ku dulu juga gitu terus sufor nya ku kasih madu tj sekitar 1 sendok tiap mau nyusu. Ya efeknya sekarang doyan makan. Usia anakku sekarang 2,5thun.

Yanie Nur'Qiana Syifa
Sama bun anak ku juga tiap makan satu suap dua suap terus sudah engga mau lagi, bingung saya juga bun kasih vitamin apa lagi biar makan nya banyak.

Ayue Yanz Cyanak
Yanie Nur'Qiana Syifa coba kasih TJ Joybee aja bun.

Ayu Indah Sari
Anak saya juga susah makan nya bund, tapi berat badan normal ko bagus 1 tahun 11 kg. Susu nya tapi doyan banget tapi gamau asi maunya sufor gpp kah bunda?? Trus kalau minum madu sudah boleh belum ya??

Niina Faeyza
Tidak apa-apa bun wajar saja, kalau engga kasih jeda pagi makan siang kasih cemilan sore makan, biar dia ngerasa laper dan mau makan bun, anak saya juga kaya begitu.

Ayu Sriwahyuni
Sama bund makan sedikit asl kdenger sendawa z aku sudah senang banget. tapi selingan bund berikan cemilan z. kadang anaku makan nasi 3x / 2x lalu di jeda dengan cemilan deh. Snack dan buah2an.

Anak lebih suka ngemil daripada makan

Assalamu'alaikum Mak saran dong, anak saya sekarang 10m mulai GTM, tapi ngemil2 mau mak, Nah kelihatannya lebih suka makan yang tidak berkuah, lalu maunya suapin langsung pake tangan, Kalau berkuah + pake sendok gitu sampai noleh2 mak, Pertanyaannya : itu gimana ya, apa gpp makannya seret begitu yang penting air putih banyak, Atau mak mak ada yang punya anak makannya kayak anak saya, tiap jadwal makan sedih sendiri saya mak.

Komentar:

Susi Anakku
juga sekarang 10 bulan lebih. tidak tau kenapa kalau di sodorkan sendok selalu tidak mau, tapi kalau d suapin pake tangan lahap. Alhasil masak sayur bayam pun aku ambil bayamnya saja tanpa kuah.

Aan Nuraeni
Sama seperti anak sy bunda. sekarang usianya 10 bulan kalau dikasih tim pake sendok atau sjnis bubur dia GTM. tapi hari sy coba kasih dia nasi lembek disuapin pake tangan dia mau wlupun makannya tidak lama. mungkin memang anaknya sudah bosan bun. sudah pngen naik tekstur

Fitri Herlina
anakku juga begitu, maunya makan g pake kuah. G mau pake sendok dari awal Mpasi πŸ˜„ yasudah aku suapi pakai tangan, minumnya dikasih lbh banyak. Seperti trauma sendok dia tuh, tiap liat sendok lagisg kunci rapat mulutnya. kalau pake tangan dia mau buka mulut πŸ˜… tapi alhamdulillah sekarang dia sudah mau makan pakai sendok dan berkuah. Setelah di telateni, di sabari, dikasih kuah sedikit2. Suapan pertama kuahnya dulu.

Sally Indariana
Anak saya sempat gitu bun. kalo kuah2 saya siasati kasih sedotan pada bayi.

Ummu Arham Arfa
Tidak papa suapin pakai tangan justru itu sunnah nya Rasulullah bun, terus kuahnya taruh d cangkir buat d minum gx papa.klw dah mau air putih bagus kok bun.

Daniatik Susanti
Kalo lagi susah makan maemnya tidak usah jadwal Bun. jangan terlalu di paksakan. Anakku juga begitu mau makan apa aja sudah bersyukur. daripada rewel yang penting tidak bahaya. dan boboknya juga pules.

Lestari Wahyuni
Anak saya umur setahun baru bisa makan yang berkuah,tadi nya selalu kesedak kalau yang berkuah.

Ayu Irana Ayu Irana
Ternyata tidak cuma anaku yang susah makan, masuk umur 9 bulan makan ny sedikit,paling brapa suap,kalu dah dkunci mulutny sama skali g mau buka,giliran mau eh dsembur,tapi klu kakakny makan terus disuapin mau walau sedikit, makanya badan nya kecil, jadi saya ngalah masak nasi nya lebih lembek sekarang.

Else Seenarief Amanda
Anak saya 2 tahun 9 bulan, kalau makan maunya disuapin pake tangan (mungkin lebih nyaman),otomatis makan sayurnya tanpa kuah. Hanya sesekali mau pakai sendok, cairan y dari minumnya.

Bunga Mawar
tidak masalah kok ada masa nya anak tak mau makan nanti juga mau lagi, anak saya dulu juga gitu malahan setiap disuap dilepeh. Mmm malah sekarang anak saya doyan makan setiap ada yang makan dia sudah dekat-dekat minta disuapin.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar