Skip to main content

Kehamilan Lewat HPL Tapi Belum Ada Tanda Melahirkan


Kehamilan lewat HPL - Hai bun, bagi ibu hamil tua yang sudah mendekati HPL namun belum ada tanda-tanda pembukaan memang bikin khawatir. Meskipun berbagai cara dilakukan agar cepat kontraksi namun juga tidak membuahkan hasil.

Saya pernah mengalaminya, kala itu kehamilan saya sudah lewat dari HPL sekitar satu minggu. Agak bingung dan takut sih, karena tidak ada tanda-tanda kontraksi sama sekali.

Karena kebingungan akhirnya saya ke Rumah sakit untuk USG. Dan ternyata hasilnya bayi sungsang melintang ditambah air ketuban juga sudah sedikit mengering. Akhirnya mau tidak mau saya melakukan operasi caesar.

Penyebab Kehamilan Lewat HPL

Saya bukan dokter ya bun, namun menulis berdasarkan pengalaman yang saya alami. Menurut yang saya baca-baca di internet maupun di buku. Ada beberapa penyebab yang membuat kehamilan lebih dari 39 minggu belum mules untuk melahirkan.

Kehamilan Pertama

Masih berdasar artikel ang saya baca. memang umumnya wanita yang baru pertama kali hamil sering terlambat lahir. menurut survey di Amerika yang saya baca di halodoc, kehamilan pertama cenderung lebih lambat dari HPL. Dan memang ada benarnya juga, buktinya saya terlambat melahirkan di kehamilan yang pertama ini.

Bayi Berjenis Kelamin Laki-laki

Penyebab bayi terlambat lahir kemunkinan juga disebabkan oleh ibu yang mengandung anak laki-laki. Memang secara ilmiah belum terbukti, tapi banyak wanita yang telat mlahikan umumnya mengandung bayi laki-laki. Masih saya sendiri buktinya hehe.

Nah kemungkinan dua penyebab itu yang saya alami bun. Selain 2 penyebab itu mungkin adada beberapa faktor lain bun seperti perhitungan usia kehamilan tidak tepat, kelainan janin atau ibu yang mengalami obesitas.

Pengalaman Ibu yang Hamil Melewati HPL

Meskipun bunda telat melahirkan sebaiknya jangan khawatir bun, segera ke USG saja seperti saya. Selain saya juga banyak bunda yang kehamilannya melewati HPL seperti dibawah ini bun.

Sudah mendekati HPL tapi Belum Ada Tanda Mules

Adakah bunda disini yang sudah mendekati HPL tapi belum ada tanda apa-apa?

Komentar:

Puspita Agnes Kurnia
Aku sudah lewat hpl , belum ada tanda-tanda akan lahir bun.

Mhasni Adhy
Saya sudah dekat bu tafsiran bidan tanggal 24 tapi tidak tau apa ini tanda mau melahirkan atau bukan ka dari umur 7bulan pinggan sakit sampai sekarang belum brhnti.bun mhn doax smua smg akut smua d bri kmdhn n klncran mlhrkn secara normal ibu n dede d br umur pnjang

Bundany Naufal
Aku hpl tanggal 31 maret Bun, dari semingguan sudah merasa kaki bengkak, miss v ngilu punggung sakit Bun, tapi tidak beraturan rasa sakitnya,hilang muncul.

Neung Azyue Azyue
Saya sudah lewat hpl 5 hari belum ada tanda-tanda mau melahirkan bund.

Azril Izza
Saya 27 maret bund.rasanya sakiiit banget kalau kencing ngilu miss v nya bund. apalagi kalau bangun tidur serasa punggung kaku, mules nya sich tidak terlalu sakit.

--

Mendekati HPL Tapi Belum Keluar Lendir

Sudah mendekati hpl tapi belum keluar lendir cuma kencang ajja. Bunda disini apa ada yang lahir langsung kontraksi tanpa keluarr lendir dan sebagainya? shering dong pengalaman melahirkan.

Komentar:

Rumi Hidayat
dulu saya anak pertama.justru tidak ada keluar lendir atau cairan. tapi sehari sebelum melahirkan cuma ada mulas-mulas dikit.tidak lama kemudian abis itu langsung launcing ci bayi nya .

Cika Bundae Silvy
Iya aku ank pertama tidak keluar lendir lngsung sakit perut dan mulas.

Nhurr UmmiKalsumm
Saya juga bun tidak keluar lendir/Cairan. Lngsung Mules! Pas di cek di atas ambulans sudah Bukaan⁴. Sampe di RS di cek lagi, sudah bukaan 6.

Neng Rini
Aku kemarin malah air ketuban duluan yang rembes bun. tapi tidak ada mules. baru setelah beberapa jam keluar lendir sedikit dan kerasa mules.

Euis Yulia
Saya kemarin mau lahiran mules teratur stiap 5 menit skli sama skli gk keluar lendir atau pun darah apa".
Di cek dalam sudah pmbukaan 1 Langsung ke rumah sakit sampai pembukaan 4 masih tidak ada keluar flek atau darah. pembukaan 3-4 langsung keluar cairan banyak setelah di cek dalam.

Eny Adittya
aku pas sama hpl buun solat tahajut buun. aku dulu pas malam tanggal hpl nya aku usahakan bangun tengah malam solat. pas subuhnya terasa deh perut aku mulesnya.

Ninik Nuriati
aku bun gk ada keluar apapun, cm kontraksi mules terus menerus sampai 1jam setengah langsung ke bidan ternyata sudah pembukaan full. Nyampai dibidan tinggal mengejan aja setengh jam lhir alhmdulilh normal semua.

Danidivadavid
Saya tanpa keluar lendir bun . Tiba tiba perut sakit terus mual juga . Akhirnya ke dokter ternyata udah bukaan 2

Kiki Jenisia Utari
yang pengalaman tidak ngeluarin lendir sama sekali tapi perut kenceng mules. Apa dedeknya merasakan gerak bun? Ini saya lagi ngerasain perut kenceng mules seperti mo haid 5 menit hilang terus muncul lagi dari semalem dan dedek gerak juga. hpl 19 maret. apa mo lairan bun?
soalnya biasanya tidak pernah seperti ini.

akuaila Adeeva Putri
Saya bun lahiran tidak ada lendir sama tanda-tanda mau melahirkan. Langsung kontraksi jam 20.00 kebidan jam 23.00 alhamdulillah lahir jam 00.20

Ike Tupperware Surabaya
saya hari ini perut bawah ketekan banget dan perut kenceng. ngeluarin kayak lendir jelly bening tapi agak coklat gto bund. knapa ya? hpl 20 maret.

--

Usia Kehamilan Sudah 39 Minggu Tapi belum Ada Tanda-Tanda Melahirkan

Bunda, usia kehamilan 39 Minggu tapi belum ada tanda-tanda lahir, bayi nya masih anteng saja didalam perut. hpl 27 juni, apa bunda sama ada yang lahir diatas uk 39 minggu? Aku khawatir bunda, minta doanya ya supaya bayi nya cepat lahir makasih bunda.

Komentar:

ViikkaSheptian
Aku belum ni bun masih anteng aj dede nyaa usia kandungan 38minggu , belum ada tanda-tanda apa2 cuma pinggang doang yang nikmat, doain saya ya bun semoga cpt disegerkan, dan maju dari hpl. Hpl saya 27juni bun.

Nurbaeti
Ngga apa apa bun belum aja aku juga 42minggu kalau sudah waktu nya lahiran normal bun.

Dhee Hetty
Aku 37 minggu hpl 25 juni sedang mengalami kontraksi tapi baru pembukaan 2 . mohon doa nya yah bunda supaya cepat lahir selamat 22 nya.

Diah Ayu
Hpl 13juni masih kontraksi palsu tapi jarang. Kalo habis hubungan badan seperti yang mau keluar hari itu juga tapi sehari setelah itu biasa lagi. Maaf y,sya Suruh d pancing hubungan badan sering2 m bubid biar cpt kontraksi tapi suami nya mls2an

SyaNathun BintangHatimu
sama bun sya kalau hubungan badanis hubungan badan perut mules" kontraksi beberapa jam doang setelah itu biasa aj tapi semalem hubungan badanis di buat hubungan badan kok gk kontraksi biasanya kalau hubungan badanis hubungan badan pasti kontraksi palsu kenapa ya bun tapi dedek masih aktif hpl 29 juni.

Diah Ayu
Tidak mengerti aku juga bun.mgkin krena keseringan kali ya? jadi c dde ny sudah g
tidak asing m hubungan badan.hhe.mf. mau coba makan nanas tw tape gtu takutnya cuma kontraksi z jadi worry nh,mna hpl sudah klewat.

Muppett Muppett
Aku hpl 6 juli sekarang merasakan mual-mual kayak masuk angin GT Bun sama punggung sakit Miss v ngilu dan keluar cairan bening, itu knp ya Bun maaf hamil pertama Bun jadi gtw🙏.

Nhiia Khartinie
Saya juga Hpl 16 juni UK 39 minggu . tapi belum ada tanda-tanda bun . Hnya ada baru ngerasain sakit pinggang az sama perut bawah suka kenceng2 gtu

Iyazh Ajjah
Saya juga hpl 27 juni bun. Tapi pas usg senin kmren, kata ny uk baru 35 minggu. Hpl berubah jadi 3juli, padahal bawah perut. Area miss v dan selangkangan sudah pada ngilu. Jalan saja sudah berat. SeMoga yang hpl juni juli di permudah ya bun.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar