Skip to main content

Menu Mpasi Terbaik Sesuai Usia Bayi


Mpasi Pertama memang kerap dipertanyakan oleh ibu muda, padahal pada umumnya menu yang sering diperkenalkan untuk pertama kali adalah buah pisang atau alpukat.

Menurut para Dokter, bayi sudah mulai di MPASi ketika sudah memasuki usia 6 bulan. Perlu bunda ketahui, jika jenis makanan juga harus dibedakan sesuai usia bayi.

Menu Mpasi terbaik Sesuai usia

Nah berikut beberapa resep Mpasi Homemade sesuai usia bayi. Simak ya bun baik-baik resep ini.

Mpasi Pertama bayi 6 bulan hingga 7 bulan

Usia bayi 6 bulan merupakan usia yang sudah memasuki MPASI pertama, adapun sayurdan buah yang cocok untuk mpasi usia 6 bulan adalah:
  • Apel
  • Pisang
  • Alpukat
  • Melon
  • Daging Ayam
  • Ikan
  • telur

Dihancurkan dulu sampai halus ya bun.

Mpasi pada bayi usia 8 sampai 9 bulan

Untuk bayi yang sudah berusia 8 - 9 bulan biasanya jadwal makan nya sudah tiga kali dalam sehari. Pada usia ini makanan halus memang masih diperlukan, namun Bunda juga bisa memperkenalkan makanan padat. Usahakan makanannya sudah di potong-potong memanjang agar lebih mudah dimakan sikecil. Sayuran padat yang bisa digunakan contohnya sepertikentang, buncis, wortel.

Selain itu, pastikan kebutuhan gizi bayi terpenuhi dengan makanan pendukung ASI yang terbuat dari kelompk makanan seperti Ansi, sayur, ikan, telur dan kacang-kacangan. Ditambah dengan pemberian ASi ketika bayi mau.

MPASI pada usia bayi mulai 12 bulan

Untuk usia 1 tahun menu yang bisa diberikan saat bayi mencapai usia 1 tahun.

  • 3-4 porsi nasi, kentang, atau roti.
  • 3-4 porsi sayur dan buah potong.
  • 2 porsi ikan, telur, atau daging.

Hal terpenting saat memberikan MPASI adalah dengan cara tidak memaksakan bayi untuk menghabiskan semua makanannya. Selama perkembangannya baik, Bunda tak perlu takut sang buah hati kekurangan makanan. Pada usia ini, bayi akan makan jika dia mulai lapar, bukan karena faktor kesenangan. Biarkan bayi menentukan sendiri kapan dia ingin makan. Jika bayi Anda mengalami gejala alergi setelah mengonsumsi makanan tertentu, segera periksakan ke dokter.

Nah itulah bun tips memilih makanan untuk mpasi pertama bayi Anda. nah berikut ini ada beberapa bunda yang memiliki resep homemade mpasi buatan sendiri. Silahkan disimak resepnya dibawah ini bun.

Minta saran resep mpasi terbaik usia 6 bulan

Bunda. Anak ku 3 hari lagi masuk 6 bulan. Minta masukan Mpasi pertama apa yang paling baik buat bayi 6 bulan.

Komentar:

Nisa Arzha Yang paling baik yang homemade dg nutrisi lengkap (mengandung karbohidrat, lemak, protein hewani, sayur)

Tia Azana Pravasta Jarwita
berarti klu kentang, telor, wortel, tempe sama bayam bisa ya bun? soal anak sy selasa besok pas 180 hari rencana mau saya mpasi soalnya uda mangap2 kl liat sy n kakak nya makan uda bisa ngerbut piring. maav bun mohon koreksinya ngeh.

Nisa Arzha
Tia Azana Pravasta Jarwita Boleh. Tapi lebih baik sayur nya satu macam saja, Karbo dan protein hewani ditambah. Karena bayi hanya butuh sedikit serat.

Tia Azana Pravasta
Jarwita Nisa Arzha oh iya bun kelebian mksd q. kentang wortel tempe telor gtu bun. lupa klu uda ada wortel.

Luh Herdiana
Tia Azana Pravasta Jarwita tapi klo bayam hanya sekali pakai bun hanya bertahan 4jam..jadi bayamnya di pisahin ya bun.

Sinta Anggraeni
Kasih pisang dulu bun.. kalo pertama anak mulai makan mah

Siti Zulaicha
Sinta Anggraeni pisang tinggi serat bun bikin sembelit lagisung ksih 4* pilih yang rendah serat.

Prully Kheren Santoso
Menu tunggal dulu bun selama beberapa hari. Supaya tau anak kita ada bakat alergi atau tidak.

Siti Zulaicha
Prully Kheren Santoso menu tunggal sudah tidak dianjurkan oleh who bun.. Lebih baik langsung 4*

Nilam Putry Nasution
Bagusnya sih lagisung menu 4* bun... sekarang untuk mpasi bayi menu tunggal sudah tidak dianjurkan lagi. tapi harus ttapi dperhatikan tanda2 alergi anak untuk setiap menu yang bunda sajikan.

D'charamel Angel
Maaf bun. Kenapa sekarang gak di saranakan menu tunggal dulu.

Fauziah Anneeza Zaen
D'charamel Angel karena yang dibutuhkan bukan nutrisi tunggal tapi nutrisi yang beragam dan komplit... Silakan baca2 artikel yang bersumber dr WHO😊🤗

Nisa Arzha D'charamel Angel
menu tunggal bisa menyebabkan anak kurang nutrisi sehingga berat badan bayi tidak naik semestinya. Selain itu menu tunggal yang katanya untuk menghindari alergi tidak terbukti efektif, alias banyak kerugian dari manfaatnya.

Eriza Oktavian Waridi
Bayi ku baru dua hari ini mpasi. Pertama kali aku blend, tahu kukus, brokoli, jagung manis, alhamdulillah lahap.. Siangnya jus melon.

Mulik Mulyati
Saya langsung menu komplit Labu kuning, Manisa , tahu, Salmon, bawang putih, bawang merah, daun jeruk, daun pre, daun seledri plus Evoo.

Mempersiapkan mpasi untuk bayi 5 bulan

sedikit cerita, usia anak-ku sekarang menuju ke 5 bulan. Aku lagi mempersiapkan untuk mpasi, bukan mpasi dini ya bunda tapi untuk ke 6 bulan. jadi nanti ga bingung" lagi, search sana sini sampe aku menemukan kebinggungan dan info yang berbeda-beda kalau ada artikel yang dibuat DSA bilang menu tunggal itu tidak ada, tapi ibu-ibu sekarang pada menyaranakan menu tunggal untuk mengetahui reaksi dr makanan tsb ke anak

pertanyaannya : Mpasi pertama itu harus menu tunggal dulu? atau langsung menu 4 bintang, menurut bunda disini.

Komentar:

Endah
Langsung pake menu yang memenuhi semua kebutuhan nutrisi bayi bu. Dikarenakan pada saat bayi berumur 6 bulan ASI sudah tidak mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. Kalo hanya buah buahan dan sayuran tentu bayi tidak terpenuhi kebutuhan gizi makro dan mikronya. Jika kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi bayi akan mengalami malnutrisi. Dan akan timbul banyak masalah kesehatan. Apa lagi jika dalam kurun waktu yang panjang. Ingat bu tujuan MPASI adalah selain melatih anak belajar makan utamanya adalah memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang sudah tidak mencukupi dari ASI.

Permaisurinya Khairul Anwar
Menu tunggal kan sudah tidak direkomendasikan. Sekarang semua langsung menu 4. Ingat ya kata yai ma'ruf cegah stunting dengan pemberian asi+mpasi gizi seimbang sebelum usia 2 tahun. Nanti kalau sudah 2 th sudah kena stunting tidak bisa diobati lho bun.

Neiyayachh Sasmita
Bunda langsung 4☆ aja. Anak saya pertama mpasi langsung 4☆ dan berat badannya naik 1kg makannya lahap juga habis pernah di kasih instan eh tidak mau dedenya mungkin yang instan terlalu manis dan tidak alami.

Amanda Istanto
gak boleh menu tunggal pake menu lengkap 4*. jangan percaya omongab ibu2 awam, percaya omongan dokter anak, apalagi yang sudah punya gelar konsultan tumbang

Mojang Cianjur
Klo menurut saya sih tergantung kondisi, karna saya ke anak pertama menu tunggal tu diberikan selama 1minggu, dan anak ke 2 cuma 3hari saja, saya langsung masuk menu 4*

Fita Yuliana
Bener nih bun dulu awal anak aq mpasi ngikutin apa kata ibu ibu, tapi sekarang saya tau klo makanan tunggal itu tidak cukup gizi untuk anak, anak butuh banyak zat besi. jadi saran saya mending konsultasi ajah ke dsa atau bisa baca-baca di internet.

Augusta Gita
langsung 4* ya bunda, kenapa menu 4* ? karena asi sudah tidak bisa mencukupi kebutuhan nutrisi bayi 6 bulan, oleh karena itu langsung disaranakan 4* untuk mencukupi nutrisi pada bayi. BIG NO menu tunggal :)

Eva Christina Margaretha
langsung menu 4* tapi lakukan pergantian menu setelah 2 atau 3 hari jadi biar terpantau reaksi si anak klo ada alergi sama makanan tertentu.

Baca juga: Grafik Berat Badan Bayi Ideal Usia 0 -12 Bulan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar