Skip to main content

Jangan Abaikan Nafas Bayi Sesak Berbunyi Grok Grok


Nafas Bayi Sesak Berbunyi Grok Grok - Dari sebagian bunda mungkin ada yang merasa khawatir ketika bayi yang baru saja dilahirkan memiliki nafas yang berbunyi grok grok.

Ketika nafas bayi yang sesak kadang ngorok berbunyi grok grok memang akan membuat sang ibu cemas. bahkan sebagian ada yang beranggapan jika hal itu dikarenakan penyakit batuk pilek, atau karena dokter tidak menyedot lendir secara bersih ketika baru dilahirkan. bahkan lebih parahnya ada yang mengangap bayi telah meminum air ketuban.

Nafas bayi Sesak Berbunyi grok grok Dan Ngorok

Memang sih bun, yang namanya khawatir itu tidak salah, tapi kita juga jangan terlalu percaya dengan sesuatu hal jika belum dibuktikan oleh diagnosa dokter.

Apa penyebab nafas bayi ngorok berbunyi grok grok?

Sebenarnya bayi yang dengan nafas grok grok itu hal yang wajar, meningat semakin banyaknya produksi lendir pada saluran pernafasan bayi.

Semakin banyaknya lendir ini disebabkan oleh beberapa hal salah satunya oleh debu, infeksi virus dan benda asing yang masuk ke saluran pernapasan bayi. tentunya hal ini juga dialami oleh orang dewasa.

namun yang membedakan adalah cara reflek tubuh mengeluarkannya. untuk orang dewasa jika ada benda asing masuk ke saluran hidung, maka cara tubuh mengeluarkan lendirnya dengan cara batuk atau bersin. nah sedangkan bayi reflek tubuhnya belum baik untuk mengeluarkan lendir seperti orang dewasa.

Bunyi grok grok dan ngik ngik pada bayi juga bisa disebabkan oleh saluran pernafasan bayi yang masih sangat kecil, sehingga bunyinya terdengar sangat jelas.

Intinya, bunyi grok grok pada oernafasan bayi merupakan hal yang normal. selama bayi masih mau minum asi, tidak mengalami muntah, demam yang tinggi, dan penurunan berat badan yang drastis.

Bagaimana cara menghilangkan lendir di tenggorokan bayi?

Pengalaman saya waktu itu menghilangkan lendir bayi berusia 3 bulan dengan cara alami yakni dengan penguapan air hangat yang dicampur minyak kayu putih.

Untuk bayi dibawah usia 3 bulan sebaiknya dijemur saja dibawah sinar matahari pagi, selanjutnya tengkurapkan bayi sambil ditepuk-tepuk bagian samping punggungnya secara pelan-pelan.

Ingat! hindari mengeluarkan lendir di tenggorokan bayi menggunakan mulut orang tua, karena yang dikhawatirkan sang ibu sedang tidak sehat sehingga ditakutkan bisa menularkan bakteri dan virus penyakit lain melalui air ludah.

Waspada jika nafas bayi grok grok namun disertai gejala ini

Meskipun bunyi grok grok pada pernafasan bayi bisa disebut normal, namun Kita harus tetap waspada jika kondisi bayi disertai dengan demam tinggi dan batuk-batuk.

Jika hal itu terjadi, sebaiknya bunda lekas bawa ke Dokter anak. Karena dikhawatirkan bayi terserang virus penyebab flu.

Ketahui juga riwayat keluarga bunda, apakah ada yang memiliki penyakit asma atau tbc. Agar penanganannya bisa cepat diatasi oleh dokter.

Nah itulah bunda beberapa hal yang bunda harus ketahui tentang pernafasan bayi yang sesak dan berbunyi grok grok. Jika ada pertanyaan dan tanggapan silahkan tuliskan pada kolom komentar, insya Allah akan ada banyak yang menanggapi dan berbagi pengalaman tentang masalah ini.

Pertanyaan dan jawaban tentang pernafasan bayi

Pertanyaan:
Bunda anakku lagi batuk Tapi batuknya kelihatan sudah sembuh tapi tiap pagi grok grok nafasnya dan ada sesak nafasnya juga, itu terjadi hampir 1 bulan lebih. aku bawa ke dokter anak katanya gejala bronkitis atau pneunomia tapi masih ringan. Adakah bayi bunda yang pernah mengalami seperti bayi saya? Lalu apa bunda tahu cara mengeluarkan dahak pada bayi? soalnya kata dokter di paru parunya penuh dahak.

Komentar:
Februari Poenya
Juni anakku umur 5 tahun jg gitu bun tak terapi uap terus kemarin juga di sinar biar dahak ya keluar terus sama dokter jg d ksh obt batuk biar dahaknya keluar lewat BAB.

Fitri Nuryanti
Diuap sendiri aja Bun air panas mendidih taruh di baskom lalu tambahkan minyak kayu putih agak banyak, lalu anaknya dipangku dan posisi badan ditengkurapkan, posisi kepala menghadap baskom, tp hati-hati ya Bun kalau bisa anaknya dibedong aja agar lebih aman. kalau posisi anak menangis ga papa Bun karena paru-paru terbuka nanti akan banyak lendir yang keluar kalau kurang jelas bunda bisa lihat digogle atau YouTube tentang cara uap sendiri.

Mbunndna Uthfie
Biasanya dokter langsung menyaranakan di uap bund. Kalau parah bisa 1 minggu rutin di uap di rs.

Idha Farida
anak saya juga gth.umur 9 bulan. kalau pagii dia batuk sampai kejer saking capeknya. karena nafasnya sesak, lalu saya uap cuma 1x agak mendingan.

Mifta Jannah
Sama bun, anakku 4 bulan batuk paru-paru penuh dahak ke dada terus di uap sama terapi pengeluaran dahak sama dikasih obat. Di rumah juga dijemur sama ditepuk-tepuk dada sama punggungnya alhamdulillah 4hari sembuh.

Phia
Ini kejadian nya sama seperti anak saya di usia 3 bulan nya di vonis begitu dari dokter anak nya lalu di beri obat saya baca untuk penderita bronkitis dan itu harus 7 hari di minum rutin lalu 1minggu setelah obat masa nya habis kalau anak saya masih grok grok saya wajib periksa kembali untuk di ronsen dada... Lalu alhamdulilah bun dapet obat dari dokter nya manjur habis minum antibiotik dan obat pengencer dahak nya 10menit muntah dahak kental banyak sekali dari situ sudah tidak grok grok masa penyembuhan kurang lebih 2-3 minggu.

Pertanyaan:
Bayi ku usia 3 minggu suara nya seperti ada grok grok nya di hidung, setelah melahirkan asi ku belum turun selama 5 hari. aku beli susu sgm soya. apakah itu pengaruh dari sufor ya? kebetulan sampai saat ini aku beri bayi ku asi +susu soya, namun pemberian soya pakai pipet.

Komentar:
Megha Ichal
anakku juga begitu..kalo nangis ada suara grok groknya dari hidung sejak lahir sampai sekarang masih ada suara grok groknya, gak tau kenapa begitu.

Hana Nona Qu
Jemur setiap pagi bun, Nanti juga lama lama hilang.

Syafa Putri NW
Maaf bunda kouh dedenya di kasih sgm soya emangnya alergi susu sapi y? Saran saya kalau dedenya tidak alergi susu sapi jangan di kasih sgm soya, apalagi kalau asinya udah bagus kasih asi aja. Kalau hidungnya bunyi grok grok coba bunda jemur setiap pagi antara jam 7 sampai jam 8 matahari bagus buat si dede.

Pengalaman tentang bayi yang bernafas sesak dan berbunyi grok grok

Sharing pengalaman:
Jangan abaikan nafas grok grok ya Bun. Anakku nafasnya grok grok terus kaya pilek gitu semakin lama batuk parah sampai muntah-muntah berdahak. Sudah di bawa kemana kesini masih sama malah nambah parah akhirnya di bawa ke rumah sakit pas di lab ternyata kena infeksi saluran pernafasan. Sedih banget Bun lihatnya. Aku sendiri lihat boleh liat bayi ku. Minta doa nya ya Bun semoga anaku cepat sembuh.

Tanggapan:
Silvi Mbii
Anakku kemaren sempet gitu bun sedangkan dia baru seminggu. Aku sedot bun hidung nya, terus aku kasih minyak telon di telunjuk trus arahin ke dede nya aku gendong dengan cara agak sedikit tegak soalnya biar agak lancar napas nya. Alhamdulillah langsung berhenti bun.

Sintia Putri Cikal
Amin semoga si ade nya cepat sembuh yah bun iya bun emang tidak bisa dianggap remeh anak ku juga gitu cuman ada 12 hari karna paru-paru belum mateng dan ada infeksi juga buat pelajaran aja bun jangan angap remeh kalo gt sebelum menyesal.

Ellin
Anak ku juga gitu gara gara nya muntah susu lewat mulut sama hidung ahirnya jadi pilek batuk bedahak selama seminggu korok korok gitu di sedot aja tiap hari hidung nya sampai keluar hijau, alham dulillah sembuh.

Heny Astagfirullah
anak ku begitu bun nafas nya suka grok grok gtu tapi kalo aku perhatikan dalam hidung nya itu kyk ada lendir cuma agak didalam bgt. kata ortu ku sih tidak apa apa, katanya nanti bakal hilang sendiri.

Heny
Iya bun.. jadi bingung mau digimanakan.. kalo harus di bawa ke rs apalagi sampe di infus rasanya ga kuat. saya liat anak sya nangis sampe bibir nya gemetar aja rasanya lutut sya jadi lemah..apalagi dimacam2in rasanya ga sanggup.

Fatma Yusuf Anak saya juga bgtu bunda sudah sampai 8 bulan dibawa kedokter memang begitu nanti hilang sendiri jadi gimana ya bunda jadi takut juga ni. gimana solusinya ya bunda?

Zara Cey'cWe Jjutex-aBiezz
Bantu jawab bunda" karna nih pengalaman sya kemarin belum lama nih anak saya masuk rs karna infeksi juga tapi di rs 1 minggu ga ada perubahan, terpaksa di bawa pulang karna ke terbatasan dana, cari informasi terus teman punya teman istri nnya perawat rs, katanya di kasih tahu cara nya, di jemur selama 15 menit atau lebih. Lalu bayi di tengkurepin bagian kepala sedikit menurun tepok" bagian belakang jgn di tengah tapi di kanan kiri nya nanti lendir keluar lewat bagian hidung alhamdulila anak sya sehat sampai saat ini.

Meyliza Dewi Meysa
Anaku juga gtu bun,,tapi aq terapi sendiri bun, kalau pagi badannya aq pijet pelan terutama kakinya bun aq pijet" sama urut" pke baby oil. habis dipijet dijemur 5-10 menit sekitar jam 7-8. kalau tidur pojok kamar aq kasih bawang merah iris+minyak kayu putih/telon+ sedikit air hanget taruh dalam gelas/mangkuk. terus baput dibakar sebentar lalu masukan dalam plastik bening, plastiknya ditusuk" terus taruh disamping kepala bayi.

Devi Anggara
sama bun anak ku juga kaya gitu, apalagi kalo lagi nyusu grok grok nya itu kuat banget kadang kasian liat nya. Terus gak lama aku bawa ke rs tempat anak ku melahirkan, kata dokter nya itu tidak apa-apa nanti juga lama-lama hilang sendiri. Tapi jadi takut gini ngeliat postingan bunda.

Kasih Kasih
anakku kmren. . umur 7 bulan skit batuk grok grok 2 mnggu bru smbuh obtnya jg hbs dr rs .. Aku minum air jruk nipis sma kecp itu bun pnglmnku .. Skrang anakku malah pilek

Linda Damayanti
Iya bun kejadiannya sama persis kek anakku yang pertama, grok grok gtu juga ternyata dia terkena infeksi saluran pernafasan terus di rawat inap juga tapi alhmdulillah sembuh.

Leni Melani
Linda Damayanti bund gejala nya grok grok aja?

Linda Damayanti
Leni Melani awalnya cuma grok grok aq periksain katanya gpp emang bayi gtu terus lama kelamaan aku uapin dia tetap tidak ada hasil terus di cek kayak di ronsen gitu bun akhirnya ketahuanlah penyakitnya , terus langsung ngamar sampek anakku melilik gtu bun sampai sesak nafas. katanya dulu kemasukan air ketuban pas bayi kurang bersih jadinya gtu. anakku dulu parah bun smpek 3 bulan di rs karna udh telat bawanya. tapi alhmdulillah masih di berikan kesehatan tapi sekarang kadang kumat bun.

Nur Yhani nyak
bun di keluarganya bunda ada yang punya riwayat tbc kah bun? biasa kalau kena begitu ada keluarga yang tbc bun. jangan pernah cium mulutnya yh bun, bahaya kalau ada yang cium mulutnya marahin.

Wech
anak q juga gtu bun, batuk mulai umur 2 minggu gara-gara sering muntah lewat mulut sama hidung, batuk berdahak sama pilek. udh di periksa ke dokter, bidan, rs malah suruh rawat inap. jadi aku urut ke tukang urut. alhamdulilah jodoh sekarang sembuh.

Riniie Tamboen
sama bun anak ku jg waktu bayi kya gitu awal ya panas bunyi grok grok kan aku langsung bawa ke dokter spesialis anak kata Dokter keracunan air ketuban, sempat minum air ketuban kasihan bun mulut anak aku di masukin selang kecil bun. Alhamdulilah anak ku sembuh bun.

Ayu Octavia
Anakku juga ngrok grok bund . Kdg smpe muntah kluar dahaknya, Tapi alhamdulilah gak batuk parah bund soalnya waktu itu bapaknya lagi batuk jadi anaknya ngikut. Duh jadi takut smg anakku sehat.

Norma Yunita
Semoga anaknya cpt sembuh ya bun. pas baca aq yang deg-degan soalnya anak sekarang lagi mengalami seperti itu bun, sering muntah lewat mulut dan hidung terus grok grok kalau menjelang pagi..dokter kasih saran jemur setiap pagi dgn oles salep transpulmin baby.

Putra Mahkota Mahkota
Kegunaan nya APA ya bun transpulmin ? Soalnya anak aku lagi batuk bun.

Norma Yunita
Putra Mahkota Mahkota membntu meringanakan hidung tersumbat karena flu, nyeri di punggung, sakit kepala, sakit perut dan menghangatkan badan. gosok di punggung, leher dan dada. obatnya bagus bun, anak saya baru kemrin pakai tapi sudah enakan, lendirnya keluar saat bayinya buang air besar.

Mamahnya Suci
Ya allah bun sama anak ku juga gitu dari baru lahir. nafas grak grok batuk pilek, muntah banyak dari mulut ke hidung, aku sampe nangis lihatnya. tek bawa ke dokter anak cuman di kasih pencair dahak. berkat selalu di jemur tiap pagi alhmdulillh sekarang anak ku udh sembuh, sekarang anak ku udh 4 bulan bun.

Idhull Kimocchii
Mamahnya Suci anak ku juga sama bund nafas grok grok batuk kalo muntah juga suka lewat hidung. aku jadi takut bund, kalo jemur pagi dilepasin gak bund bajunya?

Mamahnya Suci Idhull Kimocchii
iya bun di lepas semua plus buka pampes terus di bulak balik bayinya, kalau di tengkurepin si bayi nya sambil di pijat2/lus2 belakangnya. berkat keteladanan saya tiap pagi di jemur.. alhmdulillah anak saya sembuh bun. kadang saya berfikir nangis terus, saya takut anak saya kena paru-paru, tapi ya allah jauhkan lah penyakit itu dari anak saya karena anak saya masih bayi.

Annisa Kurniawati
Maaf bun abis dikasih pencair dahak oleh dokter terus dahaknya keluar?

Idhull Kimocchii
Mamahnya Suci iya bund kalo pagi coba tak lepasin semua kalo mau jemur. soalnya setiap saya jemur cuman tak pakein baju dalam sama pampers aja. tapi saya blm berani bolak balikin bund masih takut.

Megga Adellia Janetta
Anak saya juga pernah mengalami dirawat 11 hari, harus di infus di oksigen pas itu baru 40 hari sedih rasa nya kalo keinget.

Ratelit Tarsil
Sama bun seperti anakku waktu baru lahir bunyi grok grok gitu, sama sering sembat2 nafasnya kalau nyusu. orang2 bilang nanti lama-lama hilang sendiri. aku juga jemur tiap pagi tp tambah parah aja tiap hari, konsul ke bidan katanya jg biasa. tidak boleh di obati sampai 3 bulan katanya, akhirnya tidak tega lihat anak begitu bawa ke rumah sakit. rupanya sudah infeksi saluran pernafasan juga.

Melati Firda W
Aku juga giitu bun lahiran bulan april lalu. Padahal belum minum asi ku sama sekali sudah batuk pilek nafas pun grok grok akhirnya aku bawa ke bidan tidak mempan obatnya langsung aku bawa ke spesalis anak allhamdulilah sembuhh. Sakit juga bun anak masih bayi barus konsumsi obat.

Yuliani Awhie Pratama
Anakku kemarin gitu juga tp tidak di kasih obat cuma terapi alami aja bun.

Melati Firda W
Yuliani Awhie Pratama aku tidak di saranakan terapi alami bun soalnya juga mertua sudah panik banget jadi aku bawa ke dokter langsung.. udah bbj bayi ku waktu lahir 2.4 terus kena batuk pilek jadi 2.2 tapi allhamdulilah bun ini udah naik jadi 3.3.

Vhina Ya betul sekali Bunda..
Itu terjadi pada anak ku waktu usia 2bulan dan skarang alhamdulillah sembuh asalkan jauhkn dari yang merokok dan jika di rumah ada yang merokok jika mau gendong baju nya harus ganti dan sikat Gigi y makk

Bundane Arian Zhafira Firmansyah
Itu yang sering aku lakukaan untuk suami bun, setiap mau gendong anaknya selalu saya suruh ganti baju dan gosok gigi, tapi kadang suamiku kalau di ingatkan protes. Dan aku paling benci banget kalau ada orang yang merokok terus mau ngajak anakku atau cium. suamiku aja saya larang tapi kalau orang lain mau ngelarang gimana gitu takut tersinggung.

Ratelit Tarsil
Sama bun aku juga gitu, suamiku kalau main sama anakku pasti sudah bau rokok semua, dia merokok di luar tp nafasnya bau rokok. aku suka geram gara-gara itu.

Vhina Ayoo
Bunda" biar tegas dari pada anak kita yang jadi imbas nya. saya dulu sampai bosan larang yang nyium apalagi kalo ada yang meroko tapi secara baik-baik ya bun biar orang paham maksud dari larangan itu.

Yanna Siregar Pudan
Anak ku juga gitu, nafasnya grok grok kayak susah bernafas gitu bun dan pilek tambah demam tapi masih ku bawa ke bidan belum ke dokter.

Micha Idhull Kimocchii
sedot pake mulut bun tp jangan terlalu kuat, anakku kalau bunyi grok grok hidung nya tak suruh suami saya yang nyedot. kalau saya takut, alhmdulillah hilang bun. Tp nggk hilang selamanya bun kadang muncul lagi.

Eila Putry Octavia Wulandary
Bun di uap pakai minyak telon , air panas, kasih bawang merah, insyaallah grok grok hilang kemaren anak momongan saya umur 2 bulan dan ibunya juga bingung alkamdulilah yang merawat saya 1 mnggu grok grok hilang.

Fitri Fianyolshop
sebenarnya ciri-ciri infeksi paru-paru itu bukan dari napas grok grok, tanda-tanda infeksi paru itu badan nya panas lebih dari 38 derajat. terus napas nya lebih dari 60 hembusan permenit, tidak mau makan, batuk berkelanjuntan atau batuk parah. kalau gejala anak nya sperti itu harus cepat dibawa ke dokter, karena infeksi pernapasan itu dari virus seperti debu asap rokok bau menyengat asap kendaraan dll.

Dinda Syafira
Anakku juga gitu ini bun nafasnya grok grok tapi kalo malem setiap kali mau nyusu (Asi) pasti kayak orang dewasa kalo hidung nya mampet ada batuk juga tapi tidak sering cuma 1-2x saja.

Widha Yanti
Anakku umur 20 hari juga nafasnya grok grok kalo lagi nyusu bun + kalo malam dan kalo masih bayi emang nafas debay itu cepat ya bun ? Maaf anak pertama bun jadi bawaannya takut aja.

Eila Putry Octavia Wulandary
Selagi ada obat alami lakukan lah, jangan asal bawa anak ke dokter, di coba bukti kan insyaallah Ndak bohong dan insyaallah sembuh dengan cara menguap dengan pakai air panas dan dikasih bawang merah dan minyak kayu putih.

Herny Tri Hapsari
anak saya kemarin usia 2 bulan batuk hampir 1 minggu tp tidak demam ke DSa diagnosa nya pneumonia, terus di kasih rujukan rawat inap ke salah satu RS di kota yang lumayan jauh dari rumah, sedih bgt dengarnya waktu itu. akhirnya saya bawa ke RS tempat dulu saya melahirkan karena dekat rumah (bukan RS yang di saranakan dokter) sampai RS masuk UGD disana di periksa lagi katanya tidak perlu dirawat, karena tidak ada tanda bahaya yang mengharuskan di rawat. jadi bingung deh 2 dokter pendapatnya beda. alhasil dikasih obat (btw dokter pertama tidak memberi obat hanya di saranakan uap) dan di kasih jadwal kontrol 3 hari kemudian alhamdulillah minum obat 2 hari sembuh, dan pas kontrol dokter anak RS bilang sudah sehat, tidak ada tanda pneumonia dan sampai sekarang usia mau 6 bulan sehat", jadi pengalaman agar tidak serta merta percaya diagnosa hanya 1 dokter tidak ada salah nya periksa ke dokter lain yang juga berkompeten.

Bintanh Eks
anak aq juga grok grok tidak sembuh2 sampai sekarang bun, di kasih obat sudah, tp tetap grok grok. obat tradisional juga sudah tinggal uap yang belum,, soalnya kasian mau d uap masih kecil bun solusi nya biar sembuh gimana ya bun...??

Fitri Yani
Iya bund semoga bayi nya cepat sembuh ya bund, dulu anak pertama ku juga bunyi grok grok gitu tapi setelah di periksa teranyta jantung bocor, tapi alhmdulillah sekarang sudah sembuh dan anaknya dah mau 5 tahun.

Siti Wati
dulu anak ku sama bun infeksi sampai di icu seminggu padahal batuknya cuma 2 hari bun tp alhadulilah sekarang sudah 7 tahun bun.

Susiren
dulu anak ku gitu jg bun, jadi sesak nafas, tidak tega lihat ny bun. pertma demam terus pilek dan batuk, lalu tiba-tiba susah nafas bun, siang mlam aku tidak bisa tidur jagain dia terus, waktu itu umur nya baru 41 hari langsung bawa ke rs, allhamdullah sekarang umur nya sudah 6 bulan.

Nur Nurdjanah
ALHMdulilah kalau anak ku sekarang sudah sembuh, Waktu baru lahir iya kalau tidur seperti ngorok. Terus pernah batuk pilek saya bawa ke tukang urut. Terus saya nya di suruh minum godong sewu.

Nagyta Serlinika Bachtiar
Anak ku usia 6 hari sudah masuk RS bun, karena kurang oksigen. Aku tiak tega waktu lihat perawat nya nusuk-nusuk tangan anak ku sampai 4 kali untuk ambil darah. Sontak aku gak terima, sampai jarum nya bengkok.

Nagyta Serlinika Bachtiar Windha
hitung nafas nya bun, Pernafasan bayi normal 40-60× permenit. kalau kurang atau lebih segera bawa ke RS. kalau sekedar nafasnya grok grok dan baby nya tetap aktif, berarti no problem.

Melly Nawi
anak ku juga bgtu bun nafasnya grok grok kayak pilek gitu. terus batuk sempat muntah, wkt itu aku bawa ke tukang urut udh gak sesak bgt batuk nya tp masih bunyi nafasnya bun. tp bayi nya aktif. masih mau asi malah makin sering asi gak bisa lepas asi.

Whena Khan
Biasa nya kalau anak saya udah kaya orang flu ,suka saya tengkurepin terus di sediain air hangat campur minyak telon dan kayu putih, di uapi biar masuk ke hidungnya.lama kelamaan ingus nya keluar deh. alhamdulillah sembuh.

Dyah Ayu Nurcholifah
Sama persis kayak anakku kemarin Bun umur baru 19 hari batuk parah pilek sesak nafas tak bawa ke RS langsung suruh opname dirawat 5 hari Alhamdulillah sudah sembuh.

Janah Janaa
Debay ku juga gitu bun dari baru lahir sampai sekarang 3 bulan, tak bawa ke puskesmas katanya gpp normal nanti 6 bulan bakal hilang sndiri, disuruh jemur kalau pagi sambil di tengkurap tp ingusnya juga tidak keluar-keluar, kepikiran terus malahan.

Yuni Triyanti
Anak saya batuk pilek ngrok grok awal-awal lama batuk tidak berhenti, perutnya melendung tahunya bawa dirumah sakit paru-paru sesak nafas minum air ketuban. anak saya meninggal dirumah sakit bunda.

Evita Eka
Sama bun.anak saya kalau nafas juga kaya orang pilek gtu. tp tidak batuk. pernah saya bawa ke RS kata dokter tidak apa, sehat normal pernafasan nya, cuman di kasih salep bayi transpulmin ya mendingan sih, tp kadang kala juga suka masih grok grok bun.

Yuunni Parulia
kasih daun sirih bunda di ubun-ubun sama dadanya,, itu seperti bayi aku ekh ternyata kena asap roko,, dibawa kedokterr cuma diuap.

Amelia Rahandika
Anakku juga begitu dulu, di lab sama di ronsen, ternyata kena flek dan harus rutin berobat 2 minggu sekali selama 9 bulan.

Sulis
Sama dengan anak ku dulu awal nya pilek terus batuk infeksi pernafasan sampai ke paru-paru Sehingga pengobatan nya sampai umur 2 tahun tiap satu bulan 3 kali ke dokter spesialis anak.

Nhuy Ovaleenshky
Anak saya juga grok grok kan kalo lagi nete Bun, tapi tidur nyenyak ajah tidak pernah kebangun karena sesak, ingusnya tidak keluar Bun. mau di bawa ke dokter belum ada waktu yang pas saya di rumah sendiri suami masih kerja belum libur. kata mertua jangan di bawa ke dokter ntar anak nya jadi tidak bisa di obati tradisional dan suami saya juga adem ajah ,, saya takut kalo nanti parah, kira-kira gimana yah caranya biar ingusnya keluar dan tidak harus di uap.

Sofiyana Dewi Sinta II
Di sedot ama bunda sendiri pakai mulut hidungnya, kalau tetap tidak bisa kasih air hangat taro di gelas tetesi minyak kayu putih taro di dekat bayinya biar bisa kehirup. anak saya , mendingan bun dan tiap mau tidur di kasih kayak gituan lama-lama sembuh sendiri.

Titin Kartini
Anak saya juga sama bun batuk pilek sudah dua minggu, tapi belum saya bawa berobat cuma pakai cara tradisional, di balur pake bawang merah sama kayu putih. Soal nya pernah ke bidan, kata bidan belum di kasih obat, bayi saya baru 5 bulan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar