Skip to main content

follow us


Preeklamsia Berat - Halo bun, disini ada yang pernah mengalami preeklamsia berat saat kehamilan? bagi bunda yang sedang hamil sebaiknya berhati-hati dengan penyakit yang satu ini, karena sangat berbahaya.

Preeklamsia adalah komplikasi yang terjadi pada ibu hamil yang tandanya berupa tekanan darah tinggi. Dan tanda tanda lainnya seperti kadar proteine pada urine semakin meningkat. tak jarang preeklamsia bisa menyebabkan kematian pada ibu hamil.

Biasanya gejala preeklamsia akan muncul ketika bunda sudah memasuki usia kehamilan di minggu ke dua puluh atau lebih. Penting sejkali untuk memeriksa kandungan sedini mungkin, karena jika preeklamsia tidak kita sadari bisa menyebabkan terjadinya eklamsia. Eklamsia sendiri merupakan kondisi medis serius yang bisa membahayakan keselamatan janin dan ibu.

Gejala Preeklamsia

Umumnya preeklamsia mampu berkembang tanpa disertai gejala apapun. Namun tanda klinisnya bisa diketahui dengann peningkatan tekanan darah tinggi yang semakin meningkat.

Makanya itu bunda, wajib sekali memeriksa tekanan darah tinggi saat kehamilan, usahakan darah tekanan darah tinggi anda tetap normal. Selain tekanan darah tinggi, gejala preeklamsia bisa disertai dengan beberapa hal berikut:

  • Rasa nyeri pada perut bagian atas (biasanya di bawah tulang rusuk sebelah kanan).
  • Meningkatnya kandungan protein pada urine (proteinuria).
  • Berkurangnya volume urine.
  • Pembengkakan pada telapak kaki, pergelangan kaki, wajah, dan tangan.
  • Menurunnya jumlah trombosit dalam darah (trombositopenia).
  • Gangguan penglihatan, misalnya pandangan hilang secara sementara, menjadi kabur, atau sensitif terhadap cahaya.
  • Sesak napas akibat cairan di paru-paru.
  • Sakit kepala parah.

Penyebab Preeklamsia

Secara pasti penyebab preeklamsia belum diketahui sampai sekarang. Namun beberapa ahli meyakini jia preeklamsia disebabkan oleh adanya plasenta yang mengalami kelainan.

Namun selain itu ada beberapa faktor yang mampu resiko preeklamsia meningkat antara lain:
  • Mengandung lebih dari satu janin.
  • Bayi pada kehamilan saat ini memiliki ayah yang berbeda dengan kehamilan sebelumnya.
  • Memiliki keluarga dengan riwayat preeklamsia.
  • Pernah mengalami preeklamsia pada kehamilan sebelumnya.
  • Kekurangan nutrisi.
  • Hamil di bawah usia 20 tahun atau di atas usia 40 tahun.
  • Obesitas saat hamil dengan indeks massa tubuh 25 atau lebih.
  • Hamil setelah jeda 10 tahun dengan kehamilan sebelumnya.

Pencegahan dan pengobatan preeklamsia

kalau bunda punya resiko tinggi untuk terkena preeklamsia, ummnya dokter akan memberikan aspirin dengan dosis rendah. maka itu bun, disinilah pentingnya untuk memeriksakan kandungan sedini mungkin, tujuannya agar preeklamsia bisa dideteksi secara dini. Sehingga penangannya bisa cepat diatasi.

Tak hanya itu, ibu hamil yang asupan kalsium nya kurang, Dokter akan menyarankan suplemen kalsium untuk pencegahan preeklamsia. Tapi perlu bnda ketahui jika ibu hamil itu tidak boleh minum sembarang obat. Disini peran Dokter sangat penting.

Jika preeklamsia berat semakin parah, kemungkinan Dokter akan menyerankan rawat inap. oia bun, saya hanya ingin berbagi pengalaman, jika preeklamsia itu gejalanya muncul tiba-tiba, bahkan bisa membuat kita kejang-kejang.

Nah itu saja bun, sharing tentang penyakit preeklamsia, jika ada bunda yang ingin membagikan pengalaman atau sharing silahkan tulis pada kolom komentar.

Pengalaman dari ibu hamil yang terkena preeklamsia

Sharing pengalaman:
Aku dulu melahirkan anak pertama tiba tiba bayi meninggal di perut karena tensi tiba2 jadi tinggi, lalu aku induksi tapi setelah bayi keluar aku malah kejang kejang sampai tidak sadar tiga hari di rumah sakit. Dua tahun kemudian aku hamil lagi dan tiba tiba tensi kembali tinggi di uk 39 week padahal sebelumnya darah rendah, badan dari muka kaki tangan semua bengkak kaya mangga mateng kalo tekan, akhirnya di putuskan sesar tapi aku kembali kejang saat operasi hingga di bius total, aku gak sadarkan diri seharian dan kembali sadar besoknya. Nah ini beneran bikin aku trauma, kata dokter aku kena penyakit preeklamsia, adakah yang sama kaya aku pernah kena preeklamsia tapi di kehamilan berikutnya gak kena preeklamsia lagi? Jujur nih penyakit kok menyeramkan sekali sudah mau ngambil nyawa aku dua kali.

Komentar:

Ipah
Kata dokter preeklamsia itu keracunan kehamilan.

Dina Arisanty
Preeklamsia itu apa yaa bund? Penyebab preeklamsia itu apa saja bund ? Sebahaya itukah preeklamsia?

Ipah
Keracuan kehamilan, penyebab nya dokter saja bingung karena belum di temukan sebabnya, bahaya banget karena aku aja sampai koma tiga hari.

Apry Andy
Riwayat sama bun,waktu anak pertama sempat kejang sebentar tapi bisa melahirkan normal, dan sekarang lagi nunggu louncing jadi takut dan was-was kalau terulang lagi.

Ekha Julie
Mungkin protein urine positif bun katanya protein urine nya dulu dinormalin dan selama hamil harus kontrol ke dokter kandungan ada obat nya. Soal nya saya saat hamil 3 bulan protein urine positif tapi tensi normal dijelaskan begitu di klinik faskes 1, tempat saya test lab saya dikasih surat rujukan ke RS tapi saya takut terulang saya rutinin minum jus selendri dan perbanyak minum. alhamdulilah kemarin tes urine lagi udah protein urine negatif.

Maulida
Saya kemaren tens tinngi dan protein urine positif tapi minum jus seledri sama aja bun malah 2 hari setelah itu kejang dan akhirnya dicaesar

Ipah
Aku anak pertama urine positif 4, Anak kedua positif 3, dua duanya kejang padahal anak kedua sudah di pantau dokter dari awal kehamilan.

Shaqilla Adiba'Nur Sya'ban
sama seperti aku bun, pembukaan udh lima tapi tensi udh tinggi 160/100 dokter tidak mau ambil resiko karena saya hypertensi, jadi harus secar. setelah caesar saya kejang karena darah tinggi juga.

Cantika Putri Rahardian
Biasanya preeklamsia itu bukan hanya tensi tinggi dan kejang. Tapi juga bengkak tangan kaki muka, dan urinenya plus di atas 2. Bunda urinenya plus lebih dari 2 ya? Soalnya saya waktu mau lahiran juga tensi tinggi banget. Alhamdulilah lahiran normal+nggak kejang. Soalnya urine saya negatif dan tidak bengkak.

Rury Sartika
Preeklampsia tidak terjadi di setiap kehamilan ya bun. walaupun kehamilan sebelumnya bunda preeklampsi, kehamilan selanjutnya bisa aja gak.. tetap berpikiran positif, banyak berdoa dan jangan stres jangan lupa jaga pola hidup sehat.

Zalwa Afiqah Saragih
Saya anak pertama juga preeklamsia bun, Memang pas sudah bulannya mau lahiran tensi naik. Dari awal kehamilan tiap bulan cek posyandu tensi normal terus. Tm3 badan kaki tangan wajah bengkak. Tibanya menunggu HPL tensi naik. Dan langsung di caesar, Sekarang saya sedang hamil 37 week alhamdulillah cek terakhir tensi juga normal, tapi tidak bengkak-bengkak Tinggal menunggu tanggal 17 mei untuk secar. Untuk menghindari preeklamsia lagi jadi di cepatkan lahirnya bun.

Triie Wahyunie Noor
aku hamil kemarin juga preeklamsia bun, tensi selalu 170/100 diusia 35 mingu bayi harus di caesar. karena takut tensi dah tidak mau turun. takutnya bayi kenapa-kenapa. dari kehamilan ke 4 bulan aku dipantau terus dari puskesmas dan rs.

Shafira Andrian
Aku anak pertama Preeklamsia, Selama hamil tensi normal dan lab bagus semua. Pasca caesar lahiran mendadak linglung, tensi dari 110 naik jadi 200 Kejang , koma 3 hari. Kata dokter baru boleh hamil lagi pas anak 5 tahun. Alhamdulillah ngepas, jadi anak ultah 6 tahun aku melahirkan anak kedua. Sudah cek lab bagus semua. Minta doanya biar tidak terulang, insya allah hpl 11 juni Takut bun, trauma apalagi waktu koma aku mengalami sesuatu.

Risaa Apriyanti
Saya juga gitu bun pertamanya sakit kepala 3 hari sampai kejang 2 kali, suami saya panik jadi dirujuk ke rumah sakit dan dokter memutuskan untuk di caesar dan dibius total karena darah tinggi saya kaget pertamanya tidak pnya darah tinggi jadi begitu dan allhamdlilah sehat selamat 2 anaknya.

Alfairuz
Aku punya riwayat preeklamsia di kehamilan pertama mak. 2 minggu menjelang hpl badan bengkak gede banget tensi naik protein urin positif, Pas kontraksi tensi darah 200
Akhirnya kejang mata juga tidak bisa melihat, akhirnya sesar juga di bius total.

Nagyta Serlinika Bachtiar
Itulah gunanya pemeriksaan Lab pada ibu hamil sedini mungkin bunda, agar bisa terpantau kesehatan nya. Preeklamsia itu sangat berbahaya.

Alfairuz
Di awal cek lab saya normal semua bund, cek lagi saat hpl tiba-tiba hasilnya berubah semua. Karena preeklamsia itu tidak semua kedeteksi di awal hamil, ada yang gejala nya terlihat menjelang hpl saja.

Nagyta Serlinika Bachtiar Alfairuz
iya saya tau bun, kan memang di saranakan untuk pemeriksaan protein urine itu pada saat trimester 2 dan 3. Preeklamsia juga punya ciri-ciri lain nya selain protein urine + Ada pembengkakan pada tubuh, tensi tinggi.

Uum Humaeroh
Preeklamsia samakah dengan pengapuran plasenta? Jadi ingat dulu punya teman, menjelang HPL kejang, muntah, pusing katanya sampai tidak sadarkan diri. Untung ketahuan ibunya. Langsung ke rs, Di caesar. Saya kira darting. Dulu sayanya masih bocah juga belum mengerti ginian.

ikha Sartika
Yang bunda alami sama persis seperti sepupu saya, cuman sepupuku darah tinggi dan kejang kejang sebelum bayinya di lahirkan, jadi bayinya meninggal dalam kandungan dan tidak sempat sadarkan diri juga (koma), dan ternyata sepupuku juga terkena preeklamsia. katanya klo punya riwayat preeklamsia harus hati hati banget juga kandungannya bun, sama pola makan selama hamilnya.

Fitri Al Fatih
Saya anak pertama normal, tidak ada tensi tinggi, ketika lahir anak kedua tensi tinggi 190/100 lahir secara vacum, habis lahiran pendarahan hebat, badan semua bengkak-bengkak, sempat kritis dan tidak sadarkan diri. Kata dokter preeklamsia, tapi alhamdulillah Allah masih memberikan kesempatan untuk hidup. Kejadian itu satu tahun lalu, sampai sekarang tensi kadang tinggi kadang normal.

Yuli Wulandari
Aku juga bun hampir aja, saat hamil 7 bulan periksa ke lab hasil nya aku +1 protein urine nya jadi was-was takut sampai +3 trs bisa preeklamsia. dari situ aku mulai mengurangi makanan yang asin pokoknya aku menjaga makanan sekali biar tekanan darah normal dan pokoknya pas sampai hpl jangan sampai nambah tuh protein urin nya, 2 hari sebelum hpl aku tensi 120 masih normal, saat hpl aku kontraksi jam 12 malam ternyata sudah pembukaan 3. karena anak pertama aku panik sepanik-panik nya dan darahku tiba-tiba 160, nambah panik lagi dan aku berfikir klo aku panik aku tidak bisa melahirkan normal karena darah nya tinggi dari situ aku berdoa dan tenang alhamdulilah selang 6 jam darahku normal lagi.

Elsa Ana
Saya anak pertama keracunan kehamilan, tiap bulan periksa tensi normal saat mau menginjak 9 bulan tensi naik. kaki, tangan muka Bengkak, bidan menyaranakan melahirkan dirumah sakit, alhmdulilah tidak sampai kejang bun tensi 200lebih karena uda disuntik. tidak tau suntik apa, jarum suntiknya gede disuntik di pantat kiri 2x dan kanan 2x. Ngeyutnya seminggu tidak hilang bun.

Della Fadhilah
Untuk kehamilan selanjutnya dapat meningkatkan resiko preeklamsia yang lebih serius, itu bahkan bunda bukan preeklamsia lagi malah sudah eklamsia karena mengalami kejang-kejang. Coba konsultasi ke dokter bila ingin cepat hamil kembali, karena ini penyakit serius. Kalo tidak mau hamil kembali minta steril saja bun.

Natasya Iiz
Kemarin aku anak ke 2 juga preeklamsia pas waktu 39 minggu waktu caesar tensi 190/100 bius total si bayi tidak mau nangis karena minum air ketuban, ketuban sudah mulai keruh. Alhandulilah berapa menit gitu si bayi nangis dan selamat 22 nya. Alhamdulilah saya tidak sampai kejang soalnya sama dokter disuntik anti kejang juga, 2jam saya sudah sadar, klo hamil yang pertama normal tidak ada apa-apa, sekarang kok aneh-aneh ya bumil, jadi takut.

Pradita Astari
Saya pernah bun anak pertama tekanan darah ku sampai 200 lebih sampai mau operasi caesar tekanan darah naik lagi sampai 300 bun. sampai saya tidak kuat nahan mata saya karena mata saya inginnya merem terus, sampai dokternya ajakin saya ngobrol tidak saya jawab sangking tidak kuatnya nahan tekanan darahnya tinggi banget. tapi alhamdulillah hamil ke 2 tekanan darahnya normal bun.

Ekha Afriani Nasution
Ibu ku dulu gitu juga Bun, Waktu lahir adikku (tahun 95). Memang riwayat tensi tinggi saat melahirkan adikku sampai 220/120 Bun. Pas itu kejang2 ibu ku sampai beberapa hari tidak sadarkan diri. Tapi ibu ku dulu dipaksa melahirkan normal di klinik bersalin, setelah lahiran tu lah kejang-kejang Dia. Tapi Alhamdulillah nya panjang umur Bun ibu saya. Tapi setelah itu, tiga kali hamil lagi keguguran terus. Alhasil hamil ke 3 gugur usia 4 bulan, Hamil ke 4 gugur di usia 2 bulan, hamil ke 5 gugur lagi diusia 4 bulan, terakhir gugur (dikuret) itu tahun 2010. Nah, awal 2012 pendarahan hebat ternyata ada miom nya akhir nya angkat rahim.

Ayyu Lestari Gunawan
Yaa allah bunda, syukur bunda masih selamat ya bun, saya jadi inget dulu sempat trauma saat saya keguguran, saya kuret di RS pasien samping saya habis sesar bayi kembar, 2 hari kita ngobrol tiba-tiba dia kejang entah kenapa saya panik suami saya juga panik krna keluarga lagi tidak ada. Mukanya sudah biru pucet mata melotot keatas saya nangis sambil manggil dia. dia yang diperiksa dokter dan suster saya dipindahkan karena takut trauma selang beberapa jam dia meninggal. ya allah sedih saya tidak menyangka singkat banget. Dia punya penyakit kejang tapi sebelumnya tidak bilang dokter.

Lie Geto
Bunda ini pre eklamsia tuh ketika kehamilan menginjak tua. Tensi tiba-tiba naik plus protein positif. Maka dari itu baby harus cepat-cepat dikeluarkan karena takut keracunan. Untuk menghindarinya Kurangin karbohidrat, gula, garam pada saat hamil.

Asna Wafa
Aku juga bun Terkena preeklamsia berat. Lahir di usia 35 minggu Kembar, Tensi tinggi albumin rendah, Protein urin + Kaki bengkak. Penyembuhannya juga lama bgt bun. Alhamdulillah sekarang sudah mulai membaik, Usia bayi ku udah 1.5 bulan.

Marwah
Penyebab dari penyakit preeklamsia adalah pola pikir, awalnya bunda rendah, mungkin karena bunda di bikin stres jadinya tensi bunda tinggi, dan seharusnya tensi tinggi itu tidak di saranakan untuk normal, yaitu tadi resiko nya malah akan kejang.

Lasrida Sitohang
Aku bund anak pertama yang kena preeklamsia / keracunan kehamilan. Aku juga bun setelah melahirkan anakku koma 2 hari katanya sempat keluarga pasrah karena klo saya sudah kejang-kejang 5 orang juga kalah. katanya tidak kuat megangin saya. Tapi anaku bertahan hanya 3 menit karena sudah banyk minum air ketuban. tapi anak ke 2 dan ke 3 saya tidak pernah lagi bund kejang, itu saya bund makanan harus benar2 dijaga bun.

Diah Ratnasari
Dulu saya juga pernah mengalami preklamsia di waktu hamil anak pertama tensi saya sangat tinggi, belum waktu nya lahir saya kejang kejang sampai mengeluarkan kan kotoran gitu. saya koma selama seminggu lebih. anak saya hanya bertahan 3 hari. Dan saya kelang 2 tahun alhamdullilah saya hamil kembali. saya terkena lagi preklamsia cuman saya sadar waktu lahiran doktor bilang harus salah satu yang selamat. Saya bilang, anak saya kalau bisa di utamakan selamat, biar lah saya yang pergi, doktor terdiam. dan mereka berusaha sekuat mereka. Alhamdulillah Allah masih sayang sama kami. allah telah memberi keselamatan buat kami berdua. walau pun anak saya BB 1,5kg saat lahiran. tapi saya sangat sangat bersyukur Alhamdulillah anak kami sehat sampai sekarang.

Zelvianti
Saya hamil anak kedua divonis dokter kandungan pendarahan saat lahiran karena ada varises dijalan lahir, Dan sewaktu-waktu bisa menyebabkan kematian.
tapi alhamdllah saya masih diberi umur panjang melahirkan secara normal sama bidan. dan sekarang hamil anak ke 4 minta doa nya ya bunda. Semoga kita para Bunda hamil diberi kemudahan sama allah Sw amin.

T Auliyah Ayumi
Saya juga gitu bun, hamil anak pertama. Dari awal periksa darahnya normal dan di usia kehamilan 38 minggu tiba tiba jadi 160/110. Tapi karena hb saya rendah tidak langsung operasi bun, nunggu hb nya normal dulu. Tapi alhamdulillah atas izin allah saya bisa lahir normal bun. Padahal jadwal operasi sudah di tentukan bun.

Rusmala
Ya Allah sama dengan ku dua kali kejadian sama, sekarang aku lagi hamil juga di usia 6 bulan tensi tadi 170, ya allah semoga selamat 22 nya aamiin ya rabb.

Pertanyaan tentang Preeklamsia

Pertanyaan:
Kemarin kan saya periksa ke puskesmas dari hasil lab itu menunjukkan gejala preeklamsia protein +1 itu maksud nya apa ya? Soal nya dokter aku tanya penyebab nya apa juga tidak jawab. saya search di google juga bingung, ada yang bilang masalah ginjal. Mhon info nya bunda-bunda yang tahu biar saya tidak was-was, usia kehamilan 18 minggu.

Pertanyaan:
Kemarin kan saya periksa ke puskesmas dari hasil lab itu menunjukkan gejala preeklamsia protein +1 itu maksud nya apa ya? Soal nya dokter aku tanya penyebab nya apa juga tidak jawab. saya search di google juga bingung, ada yang bilang masalah ginjal. Mhon info nya bunda-bunda yang tahu biar saya tidak was-was, usia kehamilan 18 minggu.

Komentar:

Ika Marlina emg tnsi bunda brp?
biasanya kalau gejala preeklamsia itu pertama bengkak kaki, tangan, muka, dan tubuh disertai pusing karna tensi tinggi. Saat dicek urin biasanya positif bunda, urine biasanya berwarna lebih gelap seperti air teh, kalau +3 urin sudah brwarna pekat banget. kalau dipaksa lahir normal, bisa mengakibatkan pendarahan, kejang-kejang, bisa membahayakan ibu dan janin.

Aprilea Shelly
Tensiku 90/60 bun, kaki juga di cek dokter tidak menunjukkan gejala bengkak yang menuju preeklamsia.

Suryati Niezz
Sama seperti aku bun, kata dokter sih kurang protein. Soalnya air kencing keruh kan. tapi alhsmdulilah sekarang sudah tidak, suruh banyak makanan protein seperti hati ayam atau telor.

Sari Ayu
kalau Aku searching di google albumin protein negatif bagus tidak keruh air kencing ny, kalau positif malah sebaliknya. Benar tidak ya bun jadi bingung juga sih.

Liesa Aconk
Iya bund kalo positif bisa jadi preeklampsia. Itu tidak baik untuk ibu hamil karena naiknya tekanan darah bisa menyebabkan pendarahan saat persalinan ada baiknya konsultasikan dengan dokter. Maaf nyuwun sewu tetangga desa ada yang meninggal karena proteinya positif. Nah si ibu saat melahirkan tidak bilang sama bidannya kalo proteinya positif akhirnya pendarahan dan meninggal.

Lia
Bagi pengalaman dong yang sudah melahirkan dengan preeklamsia apa memang harus dengan operasi sesar?

Indah Keysha
Ya bun adik juga kemarin mengalami hal sama seperti bunda, maka harus di caesar bahaya kalau lahir normal.

Info Ibu Hamil Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan info loker ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar