Skip to main content

follow us


Halo bun, ada yang pernah mengalami tali pusar bayi tertarik tidak sengaja hingga mengeluarkan darah.

Nah seperti diketahui bun, jika tali pusar pada bayi yang baru lahir sebaiknya dibiarkan puput dengan sendirinya. jangan sampai ditarik sendiri, apalagi hingga pusar nya berdarah.

Lalu bagaimana jika tali pusar lepas karena tertarik secara tidak sengaja?

Jika tali pusar bayi sudah mengeluarkan darah maka bunda wajib untk membawanya ke Dokter. Jangan dibiarkan terlalu lama apalagi mencoba obat-obatan tradisional dulu. Sebab, jika dibiarkan terlalu dikhawatirkan dapat terjadi infeksi.

Selain berdarah, beberapa kondisi tali pusar yang sudah terinfeksi akan mengalami beberapa gejela seperti berikut:
  • Bayi sering merasakan kesakitan ketika disentuh perutnya.
  • Pusar mengeluarkan cairan keruh seperti nanah dan berbau.
  • Kulit disekitar pusar terjadi pembengkakan dan kemerahan.
  • Demam pada bayi.

Bunda juga harus tahu, kalau tali pusar yang putus tidak akan bikin bayi merasakan sakit. Karena tali pusar sendiri tidak ada saraf akhirnya. Tapi, jika tali pusar yang putus ini menimbulkan infeksi, maka bunda harus waspada. Sebab tali pusar bayi yang berdarah bisa menimbulkan omphalitis, yakni kondisi infeksi tali pusar yang bisa membahayakan keselamatan nyawa.

Nah intinya bunda harus hati-hati terhadap tali pusar bayi yang baru lahir. Jangan sampai seperti bunda yang satu ini, tidak sengaja atau apa, tali pusar bayi yang baru ia lahirkan lepas dan mengeluarkan darah. Silahkan simak kisahnya dibawah ini bund.

Pengalaman dari ibu yang tali pusar bayi nya lepas

Rasanya mau nangis bund. Saya ibu muda dengan bayi umur 1 minggu lebih 3 hari. Karena menikah dengan orang asing, akhirnya saya ikut tinggal di LN. Jauh dari ibu, dan notabene saya masih manja karena umur juga masih 21 tahun. Masih butuh bimbingan soal mengurus bayi. Sebenarnya juga belum siap, berencana menunda tapi Allah berkehendak buat memberi kami momongan. Mungkin biar aku tidak lagi seperti anak kecil.

Semalam, bayi aku rewel. Aku bedung, bukannya tidur, tapi malah tambah nangis. Lalu aku buka bedungnya, dan aku gendong hingga tidur. Pukul tiga dia baru mau tidur.

Pagi ini, rasanya jantung mau putus, bund. Tali pusar anak aku putus, dan di pusarnya seperti ada bekas darah kering. Ini tali pusar memang waktunya putus atau ketarik sama tangan bayi aku? Karena semalem tidak aku bedong. Dan aku pakeikan dia semacam kaos rok terusan sampai bawah model rok.

Aku takut kalau itu sakit dan infeksi. Sedangkan di sini klinik dll masih dalam waktu cuti raya.

Saya harus macam mana ya bund? Apakah tali pusar yang tidak sengaja ketarik itu sakit dan membuat infeksi? Rasanya tidak becus banget jadi ibu.

Komentar:

Mujie Habibah
Minta suport terus dari suami, yakin bisa urus anak. Tali pusar sudah putus ya memang sudah waktunya, tidak perlu di kasih apa-apa. ya cukup di jaga kebersihannya pastikan selalu kering. Kalau anaknya tidak mau di bedong ya tidak perlu di bedong Bu.

Dyaajeng Assegaff SeLvy
Sudah puput berarti bun. Kalau kata bumer saya, memang kadang kalau pusar mau puput bayi suka rewel. Tapi kemarin alhamdulillah anak saya tidak rewel. Anak saya juga baru berumur 36 hari.

Masula
Semangat bunda, naluri keibuan kita akan muncul dengan sendirinya kok meski masih 21 tahun, saya dulu 22 tahun juga sudah melahirkan anak pertama.
Semoga selalu sabar ya bun dan semoga suami dan keluarga selalu mendukung!!! Kalau sudah usia segitu babynya memang sudah puput itu bun, jadi jangan khawatir berlebihan ya! Semangat bun!!!

Rhenata - IlhamDika
Gpp bun aku nikah umur 16 tahun punya anak umur 17tahun ! ngurus sendiri. Suami kadang bantu kadang tidak karna kerja.
Jauh dari orang tua juga.

Annuril Bahira Kamila Ramadhani
Itu sudah waktunya putus emang. Tak masalah bunda yang penting jangan sampai dikasih betadine kata DSA ku tidak boleh, cukup kasih kassa steril aja, Saya juga nikah muda sekarang usia 20 th anak saya udah dua si kakak usia 2 tahun si adek usia 3 minggu suami kerja luar kota ortu ya sibuk kerja jadi urus semua sendiri.
Semangat bun

LiaLia Aldiakbar Aldiakbar
Tidak masalah itu sudah waktu nya pusar lepas, kan sudah 10 hari, anak saya 5 hari saja sudah lepas.

Ndaru Siti
Berarti sudah waktu nya puput tali pusar bund. Jangan dikasih apa-apa ya, cukup tempelkan kasa yang steril saja , nanti kering sendiri.
Emang anak mau pupus pusar rewel banget , sudah biasa.

Rita Stto Pradoyo
Adekku juga melahirkan di Jerman seorang diri dengan ikut suaminya, dengan umur yang sama tapi suaminya sangat membantu sekali, coba bekerja sama dengan suami, jangan terlalu stres nanti bisa sindrom baby blouse, pusar mang waktunya lepas, pakaikan baju yang nyaman saja sepertinya bayinya tidak suka baju yang hangat dan panas.

Dafa Dahlia Asshahab
Semangat bunda, saya saja umur nya sudah tua baru punya anak pertama tetap saja kadang suka stress kalau anak nangis karena belum pengalaman, inti nya tetep belajar sabar.

Baca juga: Jangan Abaikan Nafas Bayi Sesak Berbunyi Grok Grok.

Salimah Ummu Khoirun Nisa
Jangan takut bun itu memang sdh wktunya lepas anak saya malah usia 3hari sdh lepas dulu.

Bijak
Yang dipermasalahkan itu bukan sudah waktunya lepas atau belum, yang jadi masalah yaitu karena tali pusarnya berdarah. sebaiknya bunda segera membawanya ke klinik, agar tidak terjadi infeksi.

Info Ibu Hamil Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan info loker ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar