Skip to main content

follow us


Obat penurun panas anak yang bagus - Ketika anak mengalami demam terkadang orang tua akan sangat was was dan khawatir. Pengalaman saya dulu waktu pertama kali anak pertama saya mengalami demam juga begitu. bahkan ketika anak mengalami demam tengah malam, saya malah nekat ingin membawanya ke Dokter. Dan jelas saja tidak ada Dokter, suami sampai bingun. Hehe namanya juga pertama kali ya bun jadi rasanya khawatir banget.

Tapi lama kelamaan saya sudah biasa bun, alhamdulillah pengalaman memang guru yang paling berharga. Sekarang kalau anak panas, saya tidak langsung kasih obat-obatan kimia. Tapi yang pertama kali saya lakukan adalah dengan cara berikut:

Cara Menurunkan Panas bayi Tanpa Obat

Sebelum memberikan obat pada bayi yang sedang demam, alangkah baiknya gunakan cara alami bun. Sebab menurut saya sebaiknya bayi harus dikurangi dari penggunaan obat-obatan kimia. nah berikut ini yang saya lakukan sebelum memberikan bayi obat penurun panas.

Kompres Bayi

Ketika mengetahui suhu badan anak sudah lebih dari 37 derajat, pasti yang pertama saya akan melakukan kompres di dahinya. Banyak yang mengatakan kalau kompres pakai air hangat, tapi kalau saya pakai air biasa saja yang agak dingin. Entahlah mana yang benar yang pasti cara ini efektif buat saya.

Mandikan Air Hangat

kalau kompres tak terlalu efektif, selanjutnya saya akan mandikan bayi menggunakan air hangat. Awalnya saya berniat untuk memandikan dengan air dingin, namun setelah saya baca-baca di situs alodokter, ternyata memandikan bayi demam dengan air hangat justru akan membuat suhu badanya semakin naik.

Bayi Harus Pakai Pakaian Tipis

kalau anak demam jangan dikasih baju tebal ya bun, justru nanti hawa panasnya tidak akan turun. Sebaiknya gunakan pakaian tipis saja, tapi kalau ank takut kedinginan baru deh kita pakaikan selimut. Intinya pakaian tersebut bikin nyaman bayi.

Ruangan Harus Tetap Sejuk

Jangan biarkan udara didalam ruangan bikin gerah sikecil bun, usahakan kamar tetap sejuk. kalau ruangannya panas bisa nyalakan AC atau jika tidak punya silahkan pakai kipas angin. Tapi, jangan arahkan langsung kipas angin ke tubuh bayi, sebaiknya arahkan saja ke tembok.

Beri Air Minum Yang Banyak

Ini yang penting, demam yang tinggi pada bayi akan membuatnya dehidrasi. Untuk menghindari dehidrasi maka bunda harus memberikan air minum, agar cairan dalam tubunya cukup. Selain itu, perbanyak ASI agar nutrisi bayi ketika sakit tercukupi.

Nah itulah bun, cara alami yang saya lakukan untuk mengobati anak yang sedang demam. Namun jika bunda ingin tahu obat penurun panas yang bagus, saya tidak bisa kasih rekomendasi bun. Sebab munculnya demam pada anak disebabkan sesuatu yang berbeda-beda. Tapi bunda bisa membaca pengalaman ibu-ibu dibawah ini yang pernah menggunakan obat untuk menurunkan panas bayi. baca secara seksama ya bun, insya Allah nanti ada komen yang sesuai dengan obat yang ibu cari.

Obat Penurun Anak Yang Bagus

Nah bun ini beberapa pengalaman bunda yang pernah memberikan beberapa obat untuk anak panas. Silahkan dibaca sampai habis ya bun.

Obat Penurun panas Untuk Bayi Dibawah 6 Bulan Setelah Imunisasi

Bunda yang anaknya dibawah 6 bulan imunisasi kalau panas diminum obat atau tidak? terus kalau panas tidak diberikan obat penurun panas biasa berapa hari demamnya? Anak pertama saya dulu setiap imunisasi saya kasih obat jadi tidak pernah panas kalau rewel paling cuman gara-gara bekas suntikannya kena, ini saya ingin anak kedua dikit-dikit tidak minum obat gitu.

Komentar:

Taslipah
Kalo saya sih cek suhu dulu bund, kalo di bawah 38 saya kompres + gempur asi saja di atas 38 baru saya berani kasih obat, saya juga ga mau dikit dikit obat

Suci Rahman
biasa kalau udah diminumin obat , panasnya emang turun kah bun. saya dulu disarankan bidannya pas mau imunisasi diminumin obat. karena ngurus sendiri jadi takut rewel ngikutin saran bidannya saja.

Taslipah
Saya selama panas imunisasi, tidak pernah di minumin obat, karena suhu masih di bawah 38 derajat.

Rita Susan
Anak saya habis suntik. Langsung kasih obat. Alhamdulilah tidak demam. Kalau demam juga mungkin cuma semalaman saja.

Saidah Wati
Kalo saya di kasih asi terus bun dedenya, saya juga berusaha tidak pakai obat, alhamdulillah demam nya cepat turun.

Suci Rahman
Makasih bunda2 infonya, moga anak saya juga tidak lama kalau demam ngurus sendiri kadang takut kenapa-kenapa.

Tatiana Savina
kalau suhu badan 38 derajat ke atas atau kalau bayi rewel, lebih baik kasih obat paracetamol atau ibuprofen. paracetamol 4+ jam sekali (selama ada demam), ibuprofen 6+ jam sekali.

Tips Mengatasi Anak Panas Setelah DPT 1

shering dong bun, anak saya usai di imunisasi DPT 1 badannya panas. Sudah dikasih obat bidan tapi masih panas, sudah dikompres sama saya juga minum obat tapi belum juga berhasil. adakah bunda disini yang punya tips?

Komentar:

Baiq Risha
obat bidannya Paracetamol yaa? Anak saya juga dulu dikasi Paracetamol, terus saya kasih ASI sebanyak-banyaknya, Alhamdulillah panasnya cepat reda.

Anjar Susilowati
Gempur asi bund dan dikasi paracetamol sesuai anjuran. Anak saya kemaren panas nya sampai 2 hari bund.

Imuy Aulia
Anak saya juga dulu panasnya 2 hari padahal dikasih paracetamol. Tidak saya mandikan selama 2 hari juga. Setelah itu baru reda panasnya.

Kaka Jum
Anak itu abis imun bund.. Langsung Mandi air hangat campur Sedikit garam! Insyaallah tidak bakalan panas.

Fbl-niah Crew Jr.
Sama bun seperti saya, Tapi saya setelah tiba di rumah langsung dikompres langsung di minum obat nya. di kompres 3x sehari sama obat nya juga. Malam nya cuma hambar saja sampe siang malam lagi sudah normal. Kalau saya obat 1 biji di bagi 4 bagian bun terus di kompres saja pas suntikan nya biar tidak terlalu pegel dan nyeri.

Billa
obatnya kaya sirup gitu bun, saya juga ikutan minum obat. alhamdulilah panas nya reda, cuma pahanya kalau dipegang masih sakit.

Sasmita Erika
Kemarin anak saya setelah imun DPT nangis campur panas terus saya belikan sirup sanmol drop langsung reda demamnya.

Cantika Putri Rahardian
Anak saya 1 hari demam bun. Itupun demam ringan alhamdulilah. Habis suntik, sampai rumah langsung saya kompres air biasa di bekas suntikannya untuk mengurangi rasa sakit. Terus saat demam, hanya saya kompres air hangat di dahi, ketiak dan lipatan paha. Saya pakai'kan baju tipis dan saya selimutin tipis, agar tidak makin kepanasan. Dan saya gempur ASI. Tidak sampai minum paracetamol. Alhamdulilah demam cuma 1 hari. Itupun malamnya sudah normal. Besoknya sudah ceria lagi.

Dewi Putri Setiawan
Kompres air hangat di area lipatan pakai kan pakaian yang tipis dan nyaman dipakai, jangan dipaparkan di suhu/udara dingin kalau panasnya sampek 38°c bawa ke bu bidan.

Tati An-Nazir
Maaf area lipatan seperti mana aja yah?

Dwi Herlindawati
Bantu jawab bunda Tati An-Nazir lipatan ketiak, lipatan kaki (belakang dengkul)
Kalo belum juga turun lepas semua baju si dedek waslap/seka seluruh badan dedek dengan air hangat nanti akan segera turun panasnya.
Kemarin anak saya sempat demam sampai 39°C langsung saya bawa ke dokter selain minum obat yang diresepkan disarankan dokter kalo masih panas di suhu 38°C bila kompres kurang tokcer bisa langsung waslap/seka tubuh adik dengan air hangat.
Semoga si adik cepat turun panasnya ya bunda 😊

Tati An-Nazir
Makasih bun jawabannya , badan si udah agak mendingan tapi ko di area kening kepala masih panas yah bun

Dwi Herlindawati Tati An-Nazir
sudah ditemperatur bunda? Kalo masih panas disekitar 37-38 lebih baik bawa ke bidan atau dokter anak bunda, takutnya ada infeksi atau radang soalnya anak saya kemarin awalnya tidak kenapa2 sehat2 aja seharian, setelah mandi sore minta nenen mau bubu tiba-tiba badannya panas naik terus ternyata sudah infeksi radang tenggorokan.

Tatiana Savina
kasih banyak cairan. ini penting! kalau 38 ke atas dan tidak turun setelah minum paracetamol dan minum cukup - langsung ke RS.
kalau aku gak salah bye-bye fever bukan buat bayi.

Bayi Minum Sanmol saat Suhu 38 Derajat

Anak saya lagi demam bun, tadi pas suhu nya 38 lebih saya kasih obat paracetamol sanmol, beberapa jam kemudian suhu nya naik lagi sekarang 39.6 , anak saya juga lagi batuk pilek, tiap batuk dia nangis mungkin sakit , dikompres air hangat sudah, dikasih obat juga sudah. Takutnya suhu nya tambah naik takut kejang, kalau bayi demam nya siang sudah saya bawa ke Dokter spesialis anak bun, tapi ini tengah malam gini saya harus gimana lagi ya bun?

Komentar:

Riris Wati
Anak ku juga baru sembuh hari ini bun panas 3 hari saya gempur asi, kompres, kasih sanmol drop.

Angel Fenz
Kasi asi bun, bawang bakar di geprek kasi minyak telon, kalau bisa peluk bayi ke tubuh ayah atau ibu tanpa baju.

Inong Nur Syah
siap kan kompres air hangat tuk dedek nya bun. buka semua baju dedek nya siap kan kompresnya pakai handuk besar balut semua badan dedek pakai handuk hangat tsb.

Srikandi Herlina
kasih minyak telon dicampur irisan bawang merah baluri di ubun-ubun sama punggungnya bunda.

Cherly Rmt
Sama bun, anak saya usia 7 bulan juga lagi panas. Sedih campur aduk rasanya.

Erna Sri M
Iya ni bun sedih juga liatnya mana kalau batuk dia nangis sampe suaranya serak. Dari kapan bun dedenya demam?

Cherly Rmt
Erna Sri M dari kemarin sore bun. Tadi saya kasih sanmol drops, alhamdulillah sekarang udah turun panasnya. Kalau batuk anakku kemaren aku uap pake air hangat campur minyak telon. Beberapa hari sembuh bun

Erna Sri M
Sama saya juga tadi pake sanmol drops bun, biasanya cepet turun suhunya, ini mah nggak. Itu diuapnya dedenya ditengkurepin bun?

Moms RA
Kalau panas dah 39 lebih anak saya mah sudah stip bun kejang-kejang.

Bolehkah Bayi 2 bulan Diberikan Obat Penurun Panas?

Halo bun, anak saya umur 2 bulan baru imunisasi. Pulang dari posyandu bidan memberi obat untuk diminumkan agar anak tidak demam. Tapi sampai rumah sepupu saya yang perawat bilang jangan diminumkan langsung ke baby, ibunya saja yang minum biar nanti tersalur ke ASI. yang saya tanyakan, bolehkan bayi 2 bulan diberikan obat penurun panas? atau sebaiknya ibunya saja yang minum? Terimakasih.

Komentar:

Gita Aprilyanti
Bukan ibunya yang minum, tapi anaknya. Soalnya saya pernah baca artikel bun.

Dwi Herlindawati
Benarkah bunda yang nyuruh kakaknya seorang perawat???
kakak ipar saya juga perawat dan tidak pernah nyuruh saya minum obat kalau anak saya yang sakit yang minum obat ya yang sakit bunda, kecuali bundanya juga pas sakit misal lagi flu nah bundanya harus segera minum obat agar cepet sembuh agar flunya tidak menular ke dedek. jangankan 2bulan,anak saya saja usia 7hari minum obat karena dari lahir ada masalah sehingga harus dirawat dinicu keluar dari nicu diresepkan obat yang harus diminum anak saya. bayi boleh minum obat dengan catatan atas resep dokter anak/dokter yang menangani ketika anak bunda sakit bukan atas inisiatif sendiri.

Yuki Kurosu
Yang saya sempet worry itu kan bayi masih 2 bulan, kalau dikasih obat yang digerus kan pakai sendok dan air, nah apa tidak apa-apa dibawah 6 bulan minum air gitu kan seperti mpasi dini gitu bun. Yang saya agak galau awalnya.

Dewi Susanti
anaknya bun yang minum soalnya dulu anak saya juga di imunisasi terus dikasih obat penurun panas jadi anaknya yang minum.

Raiya Pranaja
Kalau sekarang lebih dianjurkan dilarutkan dengan ASI bu. Dan kalau bisa minta obat yang syrup

Yuki Kurosu
Ooh dengan asi gapapa ya bun? Lha ini anak saya habis imunisasi polio juga yang ditetes kok kata bidannya jangan disusuin dulu paling nggak 15 menit. Alhasil anak saya nangis kejer karena haus dan sakit disuntik itu. Dan saya nggak langsung susuin karena kata bidan nunggu 15 menit.

Baca juga: Apakah anak yang baru di imunisasi tidak boleh diberi susu?.

Dini Rahmawati
Boleh ya bund minum obat pake ASI ? Bukan nya jadi gak bereaksi ya ke obat nya? Biasanya saran dari bidan/dsa setelah minum obat jangan di kasih ASI minimal 15 menit ..

Raiya Pranaja
Boleh dengan ASI, ASI sifatnya tidak menetralkan obat kecuali sufor baru tidak boleh. Kalau anak rewel digendong saja bu, gendong m shape. Berhubung anak saya tiap imun nangis karena syok saya susuin bu ga tunggu 15 menit dulu. Beda bidan beda saran kali ya.

Raiya Pranaja Ayun kucil
abis imun nangis kejer gabisa ditenangin bun, karena tempatnya rame. Kalau disusuin baru diem, sekalian nunggu jemputan eh malah molor. Lagian bidan saya cuma menyarankan kompres dan minumin obatnya saja.

Nurul Amalia Nadilah
Kalau anak yang sakit anak yang harus minum obat bukan emak nya.

Suhu Anak 29 derajat terjadi kejang-kejang

Halo bund minta saranya bru kemarin anak saya masuk rumah sakit karena kejang panasnya 39,7 hingga akhirnya anak saya di rawat 4 hari di rumah sakit, dari sejak kejadian itu saya trauma bund karena lebih dari 15 menit kejangnya, bund minta tips dan saran agar kejangnya tidak terulang lagi, karena ini baru pertama dia kejang.

Komentar:

Novempy Kesuma
Sedia turun panas sirup. sewaktu-waktu bdn panas lansung diberi obat turun panas dan jangan dslimuti atau jangan dpakein jaket atau bju tebal.dberi minum yang byk bun krn krg cairan juga mempengaruhi suhu.

Syafa Putri NW Iya bund panasnya 38 lebih, tapi sempat trun bund saat saya berikan parasetamol dan kompres koolfiver tapi saat pagi wktu saya pergi k dokter dia kejang

RosvieTha Eviee Kalo pas kejang n kdg smpk ankny gak sadarin diri,lepas smua bjunya,dgeletakin d lantai dingin,dciprat2in aer dingin smpk ankny sadar n nangis. Abis gt sgera dbawa k dokter . trus aq gtw y bner ap nggk,dminumin kopi tapi jangan sering2. Sminggu skali ato 2x gitu.

Amiey Nha Zidane Ali
Sedia obat turun yang panas yang dr anus Bun, itu pertolongan pertama saat anak kejang.

Asih Hariyono
Asih Hariyono Langkah pertama jangan panik. Selanjutnya klo anak dirasa bunda badannya anget..bunda skin to skin sama anak. Bajunya dibuka,saling mendekap satu sama lain. Dikompres air hangat pada lipatan2 badan,klo kompresan dirasa udh ga hangat,segera ganti kompresan.
jangan menyelimuti anak,karena suhu badan malah akan bertambah. Pake baju tipis biasa. Semoga cepat pulih yaa.

Asih Hariyono
Sedia paracetamol dirumah,klo ditermometer suhunya bertambah 39°,kasih paracetamol dan jika was2,segera bawa ke IGD.

Winda Nurdiyani
Orang tua aja kebanyakan minum kopi ga bagus bun apalagi anak kecil,kopi kan mengandung kafein kasian anaknya,kalo ga ada riwayat kejang saat demam mah insyaallah ga bakalan kejang kalo pas demam meskipun ga di minumin kopi,kalo punya riwayat kejang meskipun panasnya ga tinggi bisa aja kejang,anak saya alhamdulillah ga pernah di minumin kopi kalo panas ga pernah kejang.
Anak kecil mah di kasih minum apa aja juga doyan.

Winda Nurdiyani
Ga boleh ngomong gitu bu risma bersyukurlah anak anda kalo jarang sakit,jangan takabur,yang ngasih penyakit tuh Allah,meskipun kita dah berusaha ngejaga anak kita ngerawat anak kita dengan baik ya kalo di kasih penyakit sama Allah anda mau bilang apa?

Dewi Yahyah
yang terpenting sedia termometer dan paracetamol di rumah.. jadi bila sewaktu2 anak demam.. langsung berikan paracetamol. Pantau tetus suhunya jangan sampe 39° lagi biar tidak kejang lagi. Kalo demam jaga juga asupan cairannya. terus beri minum air putih biar anak tidak dehidrasi. karena dehidrasi saat demam juga bisa bikin kejang.

Ella Layla Mamanya Kalea
anak panas sampai kejang di minumi kopi bisa tidak kejang itu mitos atau fakta ya bund, karena orang di sekitarku juga selalu bilang di minumi kopi, tapi pernah saya baca2 cafein buat orang tua saja berbahaya apalagi buat anak anak, bunda2 di sini adakah yang punya link resmi yang menyatakan bahwa kebenaran akan kopi bisa mencegah steep,saya soalnya masih ragu.

Risky Mayang
Benar bund saya juga bgung masalah kopi itu. katanya kalau diberi kopi mempengaruhi kerja ginjal.

Ella Layla Mamanya Kalea
iya bund,orang tua kalo di tanya juga jawabanya tidak bisa membuat saya yakin , hanya katanya katanya orang kuno. kalau dari dokter anak langsung mungkin saya akan lebih percaya

Risky Mayang
Kalau dari dari anak tidak memperbolehkan bund saya pernah tanya.

Ella Layla Mamanya Kalea
berarti hanya mitos bund ,kita sebagai orang tua harus lebih smart ,jangan pernah coba coba buat anak jika dokter saja tidak menyarankan.

Info Ibu Hamil Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan info loker ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar